Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Peluang Umkm Di Masa Pandemi

5 min read

Peluang Umkm Di Masa Pandemi – JAKARTA (12/8) – Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), hari ini meluncurkan Kelas Inkubasi Sispreneur untuk usaha mikro perempuan. Program kemitraan PPPA dengan PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) bertekad menghubungkan usaha mikro perempuan dengan teknologi digital pada akhir tahun 2020.

Usaha Mikro Perempuan dalam Program Sispreneur ini menyasar 200 usaha mikro perempuan yang dikelola oleh lembaga komunitas mitra Departemen PPPA, Asosiasi Perempuan Penggerak Usaha Kecil (ASPPUK), Kapal Perempuan, dan Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Rumah Tangga (PEKKA).

Peluang Umkm Di Masa Pandemi

Peluang Umkm Di Masa Pandemi

“Saya mengapresiasi sinergi yang terjalin antara Departemen PPPA dan PT. XL Axiata Tbk meluncurkan program Sispreneur. Program pelatihan online tentang kewirausahaan yang menjanjikan akan menjadi solusi atas tantangan yang muncul, khususnya bagi perempuan akibat Pandemi Covid-19,” kata Menteri Bintang. dikatakan pada Webinar Strategi dan Peluang Mikro Wanita – Digitalisasi Bisnis dan Peluncuran Kelas Inkubasi Sispreneur

Transformasi Praktik Bisnis Selama Pandemi Covid 19

Menteri Bintang mengatakan, potensi dan peran perempuan sebagai pelaku usaha dalam perekonomian sangat besar. Menurut Data Perkembangan UKM Indonesia 2014-2018, dari total bisnis 64 juta unit usaha, 99,99% bisnis Indonesia adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) (Sumber data: Pengembangan Data UMKM, 2017-2018, Koperasi dan UKM), menurut survei Bank Dunia (2016), lebih dari 50% usaha mikro dan kecil dimiliki oleh perempuan.

Sedangkan menurut hasil survei terhadap sekitar 237 responden UKM Indonesia, selama Covid-19 (Juni 2020), para pelaku usaha yang masih bertahan bahkan meningkatkan omzetnya adalah mereka yang menggunakan cara bisnis online. Hal ini juga didukung oleh survei MarkPlus yang melaporkan bahwa pangsa transaksi belanja ritel online meningkat dari 4,7% menjadi 28,9% selama pandemi Covid-19. Di sisi lain, volume transaksi belanja offline turun signifikan pada periode yang sama, dari 52,3% menjadi 28,9%. Kesimpulannya, telah terjadi pergeseran besar ke arah digitalisasi dalam pola konsumsi masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, digitalisasi menuju Industri 4.0 menjadi keharusan. Transaksi online akan membantu UMKM di Indonesia tumbuh lebih cepat dan lebih kompetitif. Hal ini dikarenakan online marketplace tidak dibatasi oleh ruang dan waktu serta menjangkau konsumen lebih luas.

“UMKM memiliki peran strategis yang penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Untuk itu, perempuan di sebagian besar UMKM di Indonesia sangat penting sebagai pelaku usaha dalam mendukung perekonomian negara, terutama bagi pengusaha perempuan. Jika kita menengok ke belakang sejarah, pada tahun Krisis tahun 1998, UMKM masih mampu bertahan bahkan menjadi penyelamat perekonomian Indonesia.Saya yakin UMKM di Indonesia memiliki potensi untuk menyelamatkan ekonomi skala besar saat ini dengan memanfaatkan teknologi, mengakses internet dan menjadi mesin baru pertumbuhan ekonomi Pemulihan ekonomi akibat wabah Dengan beradaptasi dengan teknologi dan menggunakan e-commerce, perempuan penggerak usaha mikro memiliki potensi untuk mendominasi pasar dan terus meningkatkan kontribusi ekonominya kepada negara Melalui peluang ini, saya perlu untuk mengingatkan perempuan bahwa literasi digital adalah suatu keharusan,” kata Bin Menteri Tang.

Baca Juga :  Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga

Dian Siswarini, Presiden dan CEO XL Axiata, yang mendampingi Menteri Bintang saat peluncuran virtual, mengatakan melalui program tersebut, usaha mikro perempuan akan mendapatkan pembinaan dalam mengembangkan usaha kecil dengan menggunakan teknologi digital.

Kepala Dpmptsp Provinsi Jambi Sampaikan Beberapa Point Penting Terkait Kinerja Investasi Di Daerah Jambi Pada Masa Pandemi Covid 19

“Perempuan dan UMKM merupakan kelompok yang paling terdampak secara ekonomi dan sosial di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, program inkubator ini sangat ideal untuk kita tuan rumah saat ini untuk dapat membantu keduanya, sebagai perekonomian keluarga. kekuatan dan UMKM yang dikelolanya untuk menunjang perekonomian rumah tangga dan perekonomian yang menggerakkan lingkungan sekitar,” kata Dekan Sisvalini.

Dian menambahkan, teknologi digital menawarkan peluang bagi siapa saja untuk memaksimalkan potensinya. Untuk pengusaha mikro perempuan, teknologi digital akan memungkinkan mereka untuk menembus pasar yang lebih luas yang hampir tidak mungkin dijangkau jika mereka tidak online. Pada saat yang sama, teknologi digital akan memudahkan mereka untuk mempromosikan produk/layanan mereka dalam skala yang lebih besar melalui kerjasama dengan penyedia platform e-commerce/marketplace.

Kursus inkubasi akan diadakan secara online dengan protokol kesehatan. Tiga hal dasar yang diajarkan. Pertama, kesiapan produk, yaitu membangun mindset womenpreneur tentang perkembangan bisnis yang sebenarnya, baik dari segi pengelolaan keuangan maupun pemilihan produk. Kedua, kesiapan pasar, yaitu mendidik usaha mikro perempuan dapat memastikan kualitas produk sesuai dengan target pasar. Ketiga, digital dan market-ready, ajari peserta usaha mikro perempuan bagaimana menggunakan saluran promosi sehingga mereka dapat menjual lebih banyak produk di platform media sosial dan pasar. Peserta mendapatkan SIM card dan paket data dari XL Axiata. Dengan dukungan Bukalapak, peserta akan dibimbing untuk berjualan melalui marketplace, mempromosikan produk-produk wanita pelaku usaha mikro yang telah mengikuti program Sispreneur, dan mendapatkan fitur push promotion.

Peluang Umkm Di Masa Pandemi

Mahasiswa inkubator berdomisili di empat (empat) provinsi, yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Mereka juga merupakan usaha mikro yang belum diluncurkan. Produk atau layanan mereka termasuk makanan dan kerajinan tangan.

Di Masa Pandemi Kemlu Konsisten Dorong Umkm Tembus Pasar Internasional

Sisternet pertama kali diluncurkan pada 23 April 2015 dan sekarang memiliki lebih dari 26.000 anggota. Untuk terus meningkatkan nilai kesejahteraan perempuan Indonesia, Sisternet bekerja sama dengan berbagai komunitas dan organisasi perempuan, serta banyak aktivis sosial di berbagai daerah. Selain itu Sister Network juga aktif menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah, selain Kementerian PPPA, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa dan Kota, Kementerian Pembangunan Daerah Miskin dan Imigrasi, dan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga :  Bisnis Rumahan Kreatif

Menteri PPPA meluncurkan DRPPA di Kalimantan Tengah untuk mendorong kerja kolaboratif dan praktis untuk menangani perempuan dan anak (64)

Tuntutan penanganan kasus kekerasan seksual terhadap anak di hutan di Jakarta Utara masih fokus pada hak korban (189)

Meningkatkan akses keuangan dan digital perempuan, dan bersama-sama meluncurkan “Aliansi Inklusi Keuangan Digital Perempuan” dengan Bank Dunia Perempuan (10)

Tangkap Peluang Usaha Baru Di Tengah Pandemi Covid 19

JAKARTA (19/9) – Mendukung upaya perempuan di bidang ekonomi merupakan salah satu cara tercepat untuk mendorong pertumbuhan inklusif untuk pemulihan…

JAKARTA (25 Februari 2009) – Area car free day di dekat bundaran hotel di Jakarta Indonesia dipenuhi dengan slogan spontan “Hentikan kekerasan…  

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menjenguk bocah 13 tahun korban kekerasan seksual…

Peluang Umkm Di Masa Pandemi

Kampanye koalisi dalam data kolaboratif pelaporan kekerasan terhadap perempuan Kemen PPPA. Komnas Perempuan dan FPL selama Januari – Juni 2021 ( 32 )

Buka Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Madu, Algafry Himbau Umkm Maksimal Manfaatkan Potensi Dan Sumber Daya

Kampanye koalisi dalam data kolaboratif pelaporan kekerasan terhadap perempuan Kemen PPPA. Selama Komnas Perempuan dan FPL Januari – Juni…

JAKARTA (23/09) – Partisipasi perempuan dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia terbukti menjadi tulang punggung perekonomian… Saat ini Indonesia sedang dilanda bencana nasional akibat Covid-19. Selain kesehatan, Indonesia juga mengalami kerugian ekonomi. Tidak dapat disangkal bahwa perekonomian Indonesia berada dalam risiko di masa darurat Covid-19.

Industri kosmetik, khususnya UMKM, juga ikut terpukul akibat pandemi Covid-19. Mengingat permintaan masyarakat yang menurun di masa pandemi Covid-19 ini, industri kosmetik harus menyusun strategi untuk bertahan. Jika situasi ini dibiarkan, akan berdampak pada kelangsungan usaha dan ketidaksiapan menghadapi persaingan pasca masa pandemi. Terkait hal tersebut, Badan POM memberikan dukungan, mewajibkan UMKM kosmetik untuk terus berproduksi

Sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Selain itu, Badan POM memberikan perizinan (persyaratan dan proses) yang dipercepat dan dipermudah untuk fasilitas dan produk kosmetik.

Atikoh Berbagi Tips Meraih Peluang Usaha Di Tengah Pandemi

Berkaitan dengan hal tersebut, peserta UMKM kosmetik perlu memahami dan memanfaatkan peluang ini melalui acara webinar “Bicara UMKM Kosmetik, Menangkap Peluang Di Masa Pandemi”, yang diselenggarakan pada 19 Mei 2020, Total peserta yang berpartisipasi 350 orang, termasuk pelaku usaha UMKM. , akademisi, asosiasi di bidang kosmetik. Perwakilan kementerian/lembaga terkait, dan perwakilan lembaga POM. Acara dibuka oleh Dr. Deputi Menteri Obat Tradisional, Produk Kesehatan dan Kosmetika. Mayagustina Andarini, Apt, M.Si Dalam webinar ini disampaikan 3 topik yaitu, Implementasi Program Bantuan Pemerintah bagi UMKM untuk Memerangi Dampak Covid-19, Implementasi Kosmetika Sederhana dan Akselerasi di Lembaga POM Tips Bertahan Hidup untuk Pelayanan Publik dan UMKM Kosmetik dan Raih Peluang Selama Pandemi. Materi diberikan oleh pihak-pihak yang berkepentingan yaitu Dinas Koperasi dan UKM, Otoritas Jasa Keuangan, Badan POM, praktisi ekonomi dan perwakilan pelaku industri kosmetik yang diyakini mampu bertahan dari pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Ide Jualan Di Saat Pandemi

Tujuan dari acara ini adalah agar para pelaku usaha UMKM kosmetik memahami dan memanfaatkan fasilitas pemerintah untuk memitigasi dampak pandemi Covid-19. Dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional ke-112 ini, diharapkan semua pihak terkait dapat memainkan peran dan perannya masing-masing dalam mendukung usaha kecil, menengah dan mikro di bidang kosmetika, sehingga dapat bangkit dengan cepat dan mengatasi wabah tersebut. 19 Epidemi.

Workshop POM Kabupaten Kotawaringin Barat Konsultasi Keamanan Pangan Pelaku Usaha PIRT dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat

Peluang Umkm Di Masa Pandemi

Rabu, 21 September 2022 POM Loka bersama Dinas Kesehatan Kabupaten. Kotawaringin Barat memberikan konsultasi keamanan pangan kepada para pelaku usaha PIRT.

Bbi Diharapkan Menjadi Titik Kebangkitan Umkm Indonesia

PIRT berpartisipasi dalam acara tersebut dan mereka telah atau akan mendaftarkan produknya ke OSS A melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kotawaringin Barat, sebanyak 23 PIRT berpartisipasi.

BBPOM di Manado berkomitmen untuk melayani masyarakat Manado dengan kementerian dan lembaga di seluruh Manado melalui Mal Pelayanan Publik.

Manado, Kamis (15 September 2022). BBPOM di Manado menghadiri acara “Pemkot Manado dan Penyedia Layanan Umum Menandatangani Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama di Mal Layanan Umum Kota Manado” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Manado.

Semarang – BBPOM di Semarang dimulai dengan

Inovasi Teknologi Digital, Senjata Ampuh Pertamina Bangkitkan Umkm Saat Pandemi

Digitalisasi umkm di masa pandemi, peluang usaha di masa pandemi, pertanyaan seputar umkm di masa pandemi, digital marketing untuk umkm di masa pandemi, contoh usaha umkm di masa pandemi, judul skripsi tentang umkm di masa pandemi, usaha umkm di masa pandemi, peluang bisnis di masa pandemi, umkm di masa pandemi, umkm masa pandemi, pertanyaan tentang umkm di masa pandemi, peluang bisnis online di masa pandemi

Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  Never miss a story from us, get weekly updates in your inbox.

© 2022 Copyright Karsa Nusantara

KarsaNusantara Theme by BungMais.com