Masalah Pengindeksan Google Dan Cara Mengatasinya

22 min read

Cara Mengatasi Masalah Pengindeksan Google


Pernahkah Anda mengalami masalah pengindeksan baru-baru ini tanpa memahami alasannya? Beberapa minggu yang lalu, Google mengonfirmasi dua bug pengindeksan yang sedang mereka selesaikan, jadi jika Anda menemukan halaman yang menghilang dari hasil penelusuran, ini mungkin menjelaskan alasannya.

Pada awal akhir September, pemilik situs web di seluruh dunia mulai bereaksi terhadap fakta bahwa sebagian besar halaman telah hilang sama sekali dari indeks Google – tanpa penjelasan yang jelas. Seringkali ketika beberapa situs web menghilang dari indeks pada saat yang sama, ada alasan yang jelas untuk ini, seperti pembaruan pencarian utama, tetapi kali ini tentang sesuatu yang sama sekali berbeda: yaitu dua bug berbeda dari Google.

Google mengonfirmasi masalah pengindeksan beberapa minggu lalu dan mengatakan dengan nada yang sama bahwa masalah tersebut tidak hanya memiliki satu, tetapi dua bug terpisah yang memengaruhi pengindeksan seluler dan kanonikal. Sejak itu, mereka telah bekerja keras untuk menyelesaikannya dan pada saat penulisan, 99% situs yang memiliki masalah dengan pengindeksan seluler telah diperbaiki dan 55% dalam hal kanonikal. Jadi tidak semua halaman telah dipulihkan tetapi mereka bekerja keras untuk mengembalikannya secepat mungkin.

Karena ini adalah sesuatu yang dapat memengaruhi peringkat dan lalu lintas, ada baiknya untuk mengetahui apa yang terjadi, jadi jika Anda melihat tren negatif dalam beberapa minggu terakhir, ini mungkin penyebab yang mendasarinya.

Situs saya menghilang dari indeks! Apa yang dapat saya?

Sayangnya, jika Anda yakin situs Anda terpengaruh oleh hal ini, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu semuanya sementara Google bekerja untuk mengembalikan halaman dalam hasil pencarian. Pantau Twitter dan ikuti statistik menggunakan Search Console dan Google Analytics sehingga Anda dapat melihat kapan mulai berbalik atau memulai lagi. Setelah bug ini teratasi, semoga situs web akan kembali ke keadaan normal dalam hal peringkat dan lalu lintas, tetapi untuk saat ini, seperti yang saya katakan, tunggu saja.

Apakah mungkin meminta pengindeksan dari Google?

Di alat Search Console , sebelumnya dimungkinkan untuk meminta pengindeksan halaman tertentu yang telah hilang dari indeks, tetapi fungsi ini saat ini sedang tidak aktif dan diharapkan akan kembali dalam beberapa minggu mendatang. Hingga fitur ini kembali lagi, Google akan terus mencari dan mengindeks konten seperti biasa, hanya saja kami sendiri tidak dapat meminta pengindeksan pada alat tersebut.

Wawasan Search Console – Alat wawasan baru dari Google

Saat ini, terdapat sejumlah alat untuk menganalisis dan mencari tahu bagaimana konten situs web berkinerja di hasil pencarian. Anda dapat memulai dengan mengambil giliran melewati Google Analytics untuk mendapatkan data spesifik untuk halaman yang berbeda, kemudian menghilang ke Search Console untuk melihat peringkat dan masalah teknologi lainnya yang mungkin muncul dan kemudian melengkapi dengan alat tambahan seperti SEM Rush atau Ahrefs .

Daftar dengan cepat menjadi panjang dan sebagai penulis atau editor, Anda mungkin ingin mengetahui bagaimana sebenarnya kinerja halaman tanpa melihat-lihat di banyak situs web atau layanan yang berbeda. Google telah memahami hal ini dan oleh karena itu mulai mengembangkan alat yang disebut Wawasan Search Console yang akan membantu hanya dengan hal ini, yaitu memberi Anda wawasan yang jelas tentang bagaimana hal itu berlaku untuk konten dan apa yang sebenarnya diterima oleh pengunjung. Semua ini dikumpulkan di satu tempat. Sesederhana dan semulus mungkin.

Sekitar seminggu yang lalu, Google mengumumkan di Twitter bahwa alat tersebut tersedia untuk sekelompok penguji terpilih yang dapat mencoba produk selama masa pengujian dan beta hingga tersedia untuk semua orang. Artinya, tidak mungkin untuk mencoba alat ini pada saat penulisan jika Anda belum menerima undangan, tetapi masih sangat menarik untuk membaca lebih lanjut tentang apa yang terjadi!

Hari ini kami mulai meluncurkan pengalaman baru untuk penguji beta: Wawasan Search Console. Ini adalah cara untuk menyediakan data yang dibutuhkan pembuat konten untuk membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan konten mereka. ” – Google

Apa itu Wawasan Search Console?

Google sendiri menyimpulkan layanan baru itu sebagai “cara yang lebih mudah untuk melihat apa yang pulang dengan pengunjung”, yang menurut saya tampaknya benar. Wawasan Search Console dibuat dengan fokus pada pembuat konten dan penerbit untuk memberi mereka alat yang membantu menjawab pertanyaan paling umum tentang kinerja konten situs mereka. Pertanyaan seperti “jenis konten apa yang disukai pengunjung saya?”, “Apa yang harus saya lakukan lebih banyak atau mungkin kurang?” atau mungkin “bagaimana pengunjung menemukan saya?”.

Wawasan Search Console

Gambar yang dipinjam dari Google menunjukkan seperti apa Wawasan Search Console saat ini

Apa yang bisa diberikan alat ini kepada saya?

Ide alat ini adalah untuk mendapatkan wawasan dari Google Analytics dan Google Search Console di satu tempat untuk membantu pembuat konten mengetahui apa yang benar-benar berfungsi (atau tidak berfungsi). Alat tersebut akan membantu menjawab pertanyaan seperti:

  • Konten mana yang berkinerja terbaik di situs saya?
  • Bagaimana kinerja konten baru di situs?
  • Bagaimana pengunjung menemukan konten saya?
  • Situs eksternal mana yang tertaut ke konten saya?
  • Apa pencarian paling populer untuk situs saya di hasil pencarian?
  • Pencarian mana yang sedang trending?
  • Apakah situs baru-baru ini menerima tautan baru?

Dengan jenis wawasan ini, akan lebih mudah dan lebih mudah untuk membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan konten situs web tanpa harus melihat banyak alat terpisah. Dengan kata lain, sempurna jika Anda ingin mendapatkan wawasan cepat tentang bagaimana kelanjutannya!

Bagaimana cara mengakses Wawasan Search Console?

Alat ini saat ini dalam versi beta tertutup, yang berarti hanya tersedia untuk tim penguji yang dipilih oleh Google. Sejauh ini, belum ada batasan waktu kapan laporan tersebut akan dirilis ke publik.

Anda dapat dengan cepat mengetahui apakah Anda telah terpilih sebagai penguji dengan mengunjungi halaman resmi alat tersebut . Jika Anda belum terpilih kali ini, tunggu saja Google pasti akan mendatangkan penguji baru di masa mendatang, jadi pantau terus!

Covid-19 membutuhkan banyak hal baik dari individu maupun perusahaan, dan tidak ada yang tahu berapa lama keadaan saat ini akan berlangsung. Tetapi bahkan jika pola konsumsi berubah atau meningkat selama masa-masa ini, adalah fakta bahwa – terlepas dari industrinya – pelanggan Anda saat ini dan yang potensial mencari informasi tentang Anda secara online, dan mengharapkan informasi tersebut mutakhir dan akurat. Seperti nomor telepon, alamat dan jam buka, misalnya, di mana yang terakhir pada khususnya mungkin telah berubah karena Covid-19.

Untuk membantu Anda menjangkau pelanggan lama dan baru dengan lebih baik, berikut adalah tip kami untuk menyiapkan atau memperbarui halaman Google Bisnisku – pelengkap sempurna untuk situs web yang ada.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah alat gratis dari Google yang memudahkan perusahaan dan organisasi, baik dengan atau tanpa alamat pengunjung fisik, untuk muncul di hasil penelusuran Google Penelusuran dan Google Maps.

Mengapa Anda harus menggunakan Google Bisnisku:

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Google Bisnisku baik untuk Anda? Tiga alasan penting adalah alat tersebut memungkinkan Anda untuk:

  • Kelola dengan mudah bagaimana informasi bisnis Anda ditampilkan di hasil pencarian
  • Berkomunikasi dengan pelanggan / pelanggan potensial Anda
  • Dapatkan wawasan tentang bagaimana pelanggan menemukan Anda

“Bisnis dengan listingan Google Bisnisku yang diverifikasi dua kali lebih mungkin untuk Dianggap memiliki reputasi”

– Google

Apa yang menentukan muncul atau tidaknya suatu perusahaan?

Relevansi

Relevansi adalah seberapa cocok informasi bisnis lokal dengan penelusuran yang dilakukan seseorang. Saat Anda menambahkan informasi bisnis yang lengkap dan mendetail, Google dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bisnis Anda, yang menghasilkan kecocokan dalam penelusuran yang relevan.

Jarak

Seberapa jauh pencari dari perusahaan Anda menentukan peringkat, dan didasarkan pada GPS perangkat atau apakah pencari menambahkan nama tempat dalam pencariannya.

Keunggulan

Keunggulan adalah tentang seberapa terkenalnya sebuah perusahaan. Perusahaan / merek / tempat kurang lebih terkenal di dunia offline, dan hasil pencarian mencoba untuk mencerminkan hal ini dalam peringkat lokal.

paparan

Pemaparan juga didasarkan pada informasi yang dimiliki Google tentang bisnis online (seperti tautan, artikel, dan direktori).

Ulasan dan penilaian pelanggan

Jumlah ulasan pelanggan di Google Bisnisku termasuk dalam peringkat hasil pencarian lokal. Lebih banyak ulasan dan peringkat positif meningkatkan peringkat perusahaan.


Ada juga banyak indikasi bahwa ulasan tertulis dapat memengaruhi daftar Anda di mana ulasan yang terkait dengan pencarian disorot dan kata kunci dicetak tebal.

Saat menyiapkan akun – ingatlah ini

Nama Perusahaan

Sertakan kata kunci dan lokasi paling penting jika memungkinkan dan sesuai. Anda tentu saja harus menggunakan nama perusahaan asli Anda, tetapi perlu diingat bahwa nama perusahaan yang Anda pilih harus berfungsi seperti judul halaman dalam SEO tradisional, tetapi dengan cara yang sama, penting untuk tidak melebih-lebihkan dan memasukkan kata kunci dengan cara yang tidak wajar.

Deskripsi Perusahaan

Pastikan perusahaan dideskripsikan dengan baik dan benar, dan bila memungkinkan tidak ada salahnya untuk memasukkan kata kunci terpenting dalam deskripsi tersebut. Kutipan di bawah ini telah dihapus sehari setelah diterbitkan di Pedoman Google.

“Pikirkan tentang kata-kata yang akan diketik pelanggan untuk menemukan bisnis Anda, dan pastikan bahwa cantuman Anda benar-benar menyertakan Kata kunci itu di dalamnya.”

– Google

Kategori

Ketika berbicara tentang memilih kategori, yang terbaik adalah memilih yang paling relevan dan yang paling menggambarkan bisnis Anda. Tipnya adalah melihat kategori mana yang dipilih pesaing Anda sebagai inspirasi.

Kategori ini penting karena membantu Anda muncul di Paket Lokal Google, yaitu penelusuran lokal yang muncul bersama peta di hasil penelusuran.

Verifikasi lokasi Anda

Dengan memverifikasi lokasi dan perusahaan, Google mengetahui bahwa Anda benar-benar memiliki atau mewakili perusahaan dan dapat menggunakan alat tersebut sepenuhnya. Anda dapat mengonfirmasi hal ini melalui telepon, pesan teks atau dengan mendapatkan kartu pos dari Google ke alamat yang diberikan.

Ikuti perkembangan jam buka

Masukkan jam buka reguler Anda untuk hari kerja dan akhir pekan, tetapi pastikan untuk memperbaruinya jika terpengaruh oleh Covid-19. Jika Anda terpaksa tutup sementara karena Covid-19, Anda dapat memilih “tutup sementara” untuk memberi tahu pelanggan Anda dan pada saat yang sama mempertahankan posisi Anda di Google Maps.

Ini juga berlaku dalam keadaan normal, tetapi jam buka berbeda karena hari libur atau liburan. Jika tidak, ada risiko pengunjung mencari jam buka Anda, melihat informasi bahwa Anda buka, dan pergi ke bisnis Anda – hanya untuk kemudian mengetahui bahwa bisnis tutup karena informasi yang salah ditampilkan. Anda ingin menghindari ini sebanyak mungkin!

Tambahkan produk dan layanan perusahaan

Tambahkan layanan dan produk spesifik yang ditawarkan perusahaan.

Setelah akun disiapkan – ingatlah itu

Tanggapi ulasan pelanggan yang negatif

Gunakan kesempatan ini untuk menanggapi kritik apa pun. Jika ulasan negatif tidak dijawab, ada risiko besar bahwa orang lain akan membacanya dan menjadi enggan membeli produk atau layanan Anda.

Review di hasil pencarian

menjawab pertanyaan

Gunakan Google Bisnisku untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan prospek Anda. Jika ada banyak pertanyaan berulang, Anda mungkin dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengklarifikasi konten profil, seperti jam buka, harga, ketersediaan, atau lainnya.

Bagaimana pertanyaan dan jawaban terlihat dalam hasil pencarian

Menambahkan foto

Jaga agar foto tetap relevan dan terkini dan jangan ragu untuk menambahkan foto ke rentang mana pun yang ingin Anda tampilkan. Tidak banyak gambar yang mendapatkan visibilitas bisnis Anda lebih tinggi di hasil penelusuran daripada yang Anda pilih untuk diupload di Google Bisnisku. Oleh karena itu, sebaiknya luangkan sedikit waktu ekstra untuk memilih gambar yang paling mewakili bisnis Anda. Pastikan gambar yang Anda gunakan beresolusi tinggi dan berkualitas baik.

“Tambahkan media secara teratur di detail perusahaan Anda untuk mempromosikan komitmen kepada pelanggan dan meningkatkan peringkat Anda di hasil penelusuran.”

– Google

Buat postingan

Covid-19 dapat berarti perubahan besar bagi banyak perusahaan. Buat Posting untuk mengkomunikasikan kampanye saat ini, atau berbagi informasi tentang item apa yang tersedia, misalnya.

Langkah berikutnya

Bawalah kiat-kiat ini bersama Anda saat Anda siap untuk memulai Google Bisnisku atau memperbarui informasi yang sudah Anda miliki. Yang perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan bisnis Anda ke Google Bisnisku adalah memiliki Akun Google. Selain itu, jangan lupa untuk memverifikasi akun untuk mendapatkan hasil maksimal dari alat ini.

Semoga Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang Google Bisnisku dapat membantu Anda, dan bahwa Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dapat Anda lakukan agar lebih terlihat di Google saat ini ketika penelusuran lokal sedikit lebih penting untuk dilihat. Semoga berhasil!

Tips membaca

Ingin membaca lebih lanjut tentang Google Bisnisku? Jangan lewatkan artikel saya sebelumnya ” Delapan Kesalahan Umum Google Bisnisku (dan Cara Mengatasinya) .

Ditulis oleh: Alexandra Jung, Max Zetterqvist dan Axel af Petersens

Berita SEO November 2019

Sekarang bulan Desember telah tiba, yang berarti sudah waktunya untuk melihat ke belakang dan merangkum berita utama yang terjadi di dunia pencarian pada bulan sebelumnya. Selama November, ada laporan baru untuk alat Search Console, browser yang berencana untuk meningkatkan kecepatan halaman saat mengambil halaman, dan bagian baru dari Berita Penelusuran. Bacaan bagus!

Laporan kecepatan baru di Search Console

Awal bulan ini, laporan kecepatan baru hadir di Search Console yang merupakan alat untuk pemilik situs web yang memberi Anda lebih banyak wawasan tentang bagaimana kinerja situs Anda di hasil penelusuran organik. Dalam laporan kecepatan baru, dimungkinkan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang seberapa cepat berbagai halaman di situs web memuat, mendapatkan saran tindakan nyata atau tindak lanjut.

laporan kecepatan pencarian konsol

Baca lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat menggunakan laporan kecepatan dalam artikel ini di sini !

Chrome berencana menandai situs web yang bergerak lambat di browser

Bukan hal baru bahwa kecepatan halaman merupakan faktor penting bagi mesin pencari dan pengguna dan sekarang browser Google Chrome berencana untuk mulai memperhatikan berbagai solusi yang memudahkan pengunjung untuk mengetahui seberapa cepat pengalaman mereka nantinya. Ini berarti bahwa sebagai pengunjung saat mengunduh situs web, Anda menerima peringatan bahwa situs web memuat dengan lambat atau melihat situs web mana yang cenderung memuat dengan cepat.

Baca lebih lanjut tentang ini di surat dari Google atau di artikel saya di sini di Dagens Media !

Google mempermudah untuk mempelajari berbagai bahasa

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mengimplementasikan berbagai fitur dalam pencarian yang memudahkan untuk mempelajari bahasa. Di pasar bahasa Inggris, Anda sudah bisa mendapatkan bantuan untuk pengucapan berbagai kata dengan mencari, misalnya “cara prounance quokka”. Kemudian Anda bisa mendengar kata tersebut diucapkan dan mendapatkan kesempatan untuk mengucapkannya sendiri untuk mendapatkan umpan balik tentang pengucapan Anda sendiri. Lihat contoh cara kerjanya dalam praktik di sini:

Baca lebih lanjut tentang ini di blog Google sendiri !

Laporan baru di Search Console untuk produk

Bukan hanya laporan kecepatan baru yang masuk ke Search Console selama sebulan, tetapi juga laporan baru yang menampilkan data untuk produk yang ditampilkan di hasil pencarian.

Baca lebih lanjut tentang berita ini di blog Google sendiri !

Episode baru Berita Google Penelusuran

Sekitar sebulan yang lalu, saya menyarankan agar Google mulai merangkum beritanya dengan bantuan serial baru di YouTube: Google Search News – dan sekarang ada episode baru langsung yang menceritakan lebih banyak tentang berbagai pembaruan yang telah dirilis Google selama sebulan.

Lihat episode terbarunya di sini !

💬 Berita SEO manakah yang menurut Anda paling menarik selama bulan November?

Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada Flash di tahun 2020

Flash menggemparkan internet di awal tahun 2000-an dan memperkaya situs web dengan animasi, video, dan terutama game keren. Sejak itu, tentu saja banyak yang berubah, teknologi baru telah tiba dan sudah di tahun 2017, Adobe mengumumkan bahwa teknologi ini tidak akan dikembangkan lebih lanjut pada akhir tahun depan.

Beberapa minggu yang lalu, Google mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi mengindeks konten di situs yang dibuat dengan Flash atau bahkan mengindeks apa yang disebut file SWF dalam hasil pencarian.

Pembaruan ini tidak mengejutkan karena sudah diketahui pada tahun 2017 bahwa Adobe akan berhenti mendukung Flash menjelang akhir tahun 2020, sehingga mesin pencari dan browser memilih untuk melompat lebih awal akan datang dengan sangat alami.

Berkedip selama berabad-abad

Jika kita kembali ke awal 2000-an, bukan tidak mungkin situs web dibuat seluruhnya dalam Flash. Rasanya seperti dunia baru terbuka yang menciptakan kehidupan dan warna di web dengan hal-hal yang tidak dapat dilakukan sebelumnya. Dan jangan lupakan semua game yang berkembang sehubungan dengan Flash! Mungkin Anda mengenali beberapa karya klasik dari gambar di bawah ini?

Tidak diragukan lagi bahwa Flash sangat populer pada masanya dan selama paruh kedua tahun 2013, program ini diunduh lebih dari 500 juta kali. Itu juga digunakan secara luas oleh situs web besar untuk film dan video, termasuk YouTube menggunakannya untuk pemutar video hingga 2015 ketika mereka beralih ke format HTML5 modern.

Flash & SEO

Sejak awal, Flash telah menimbulkan masalah bagi mesin pencari yang tidak dapat benar-benar membaca konten pada halaman atau mengikuti tautan, yang jelas mengurangi visibilitas. Hanya dalam hal pengoptimalan mesin telusur, Flash & SEO tidak pernah berjalan seiring, tetapi sudah pasti berfungsi dengan baik sebagai elemen individual seperti spanduk atau game berbasis web.

Apakah pembaruan memengaruhi situs saya?

Tidak, mungkin tidak. Ini hanya akan memengaruhi situs web yang menggunakan Flash di situs web mereka saat ini dengan cara apa pun. Dengan kata lain, jika Anda tidak memiliki apa pun di situs yang dibuat menggunakan Flash, Anda tidak akan melihat pembaruan ini.

Namun, jika Anda memiliki bagian tertentu dari situs web di Flash, seperti video atau game, ini adalah prioritas tinggi untuk beralih sehingga pengguna Anda dapat terus menikmati konten dan agar mesin telusur dapat mengindeksnya. Ada banyak opsi modern lainnya saat ini yang didukung oleh browser dan mesin telusur seperti HTML5.

Apakah masih mungkin untuk mengunjungi halaman dengan Flash setelah tahun 2020?

Pasti akan ada cara untuk melakukan itu – tetapi baik Adobe maupun browser tidak akan mendukungnya, sehingga tidak aman untuk digunakan dalam jangka panjang. Mayoritas browser memblokir Flash secara otomatis hari ini dan ketika dukungannya hilang, itu akan jauh lebih sulit.

Jangan lupa bahwa ada alasan mengapa Flash juga dimatikan – karena ada solusi yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih aman di pasaran saat ini. Oleh karena itu, pastikan untuk memigrasi konten apa pun ke format yang lebih modern sebelum itu!

💡 Tips membaca untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak

YouTube & SEO: Tujuh tip untuk video yang ramah pencarian

Youtube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia, dekat dengan Google. Sukses di Youtube bukan hanya tentang memposting konten bergerak yang baik tetapi juga mengoptimalkan konten tersebut sehingga mendapat visibilitas terbaik, seperti halnya website yang menginginkan visibilitas yang baik di Google. Pada artikel ini, Claudia Oljemark, spesialis SEO di iProspect akan membagikan beberapa tip untuk memberikan klip Youtube Anda visibilitas sebesar mungkin. Bacaan bagus!

Mulailah dengan analisis kata kunci

Youtube adalah mesin pencari video sehingga Anda harus menangani pembuatan konten dengan cara yang strategis seperti saat Anda melakukannya untuk mengoptimalkan situs web Anda. Ini berarti Anda harus melakukan analisis kata kunci untuk mengetahui apa yang diminati audiens target Anda dan bagaimana mereka berbicara dan mencari di Youtube. Anda dapat melakukan analisis ini dengan alat yang berbeda, kami di iProspect seperti keywordtool.io . Ketika Anda telah mengumpulkan data tentang bagaimana grup target Anda mencari di Youtube, Anda tahu jenis konten apa yang perlu Anda buat untuk menanggapi permintaan mereka.  

Penting untuk konsisten

Meskipun bagus untuk mendapatkan hit viral, lebih penting untuk bekerja jangka panjang dengan Youtube dan menerbitkan konten berkualitas secara teratur. Jika Anda tidak mempublikasikan secara teratur, itu bisa merugikan Anda dan jumlah pelanggan Anda, karena Anda kehilangan keterlibatan. Jadi, penting untuk melihat pengoptimalan dan pertumbuhan saluran Youtube Anda sebagai proyek jangka panjang. 

Pantau Waktu Menonton Anda

Tujuan besar Youtube adalah untuk bersaing dengan TV linier dan agar penggunanya tetap berada di platform mereka selama mungkin. Mereka menghargai konten panjang dan kualitatif yang melibatkan penggunanya untuk waktu yang lama. Metrik penting yang harus diperhatikan saat Anda mengembangkan saluran adalah Waktu Tonton, baik pada masing-masing video tetapi juga rata-rata untuk seluruh saluran Anda. Telah terbukti bahwa Waktu Tonton Anda, yaitu berapa lama pengguna menonton satu video, merupakan faktor peringkat yang penting.

Gunakan YouTube Analytics untuk menganalisis konten Anda dan lihat seperti apa Waktu Tonton total Anda dan seperti apa tampilannya per video, apakah di tempat tertentu pengguna berhenti menonton? Apa yang bisa kita pelajari darinya untuk video berikutnya?

Optimalkan nama klip (judul) 

Mulai judul Anda pada video dengan kata kunci yang Anda inginkan untuk peringkat video tersebut. Contoh: Kami ingin video kami diberi peringkat dan terlihat di penelusuran “Tips makan malam” yang memiliki kira-kira. 67.000 pencarian sebulan di Youtube di Swedia. Kemudian kita akan memulai nama klip tersebut dengan kata Tips Makan Malam. Ini memiliki prinsip yang sama seperti ketika Anda memberi nama judul ke halaman arahan, nama klip Anda menjadi judul klip. Judul merupakan faktor peringkat penting dan oleh karena itu kata kunci yang diinginkan harus menjadi salah satu yang memulai judul Anda.

Tandai video Anda dengan benar

Tag adalah bentuk kata kunci yang Anda tambahkan ke video, yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan video Anda. Tag bisa sangat bagus untuk mendapatkan penayangan tambahan pada video Anda. Ini karena saat Anda menandai video dengan bijaksana, Anda memiliki kesempatan untuk muncul di bidang “video terkait” di samping video populer lainnya dengan jenis topik yang sama. Ini sering kali memberikan lebih banyak tampilan daripada langsung dari hasil pencarian dan oleh karena itu sangat penting untuk bekerja dengan penandaan Anda. Pastikan untuk menyertakan wawasan dari analisis kata kunci Anda dalam pekerjaan pemberian tag, karena ada baiknya jika kata kunci utama Anda adalah tag pertama pada video Anda.

Optimalkan rasio klik-tayang (RKT) Anda

Rasio klik-tayang (CTR) dari hasil pencarian merupakan faktor peringkat penting di Youtube. Untuk mendapatkan RKT yang lebih baik, ada beberapa bidang penting yang harus dioptimalkan: 

  • Thumbnail – Perlu menonjol dan menarik perhatian dalam hasil pencarian, pikirkan teks dan warna.
  • Judul – Seperti yang kami sebutkan sebelumnya di teks, apa yang ada di judul Anda penting untuk peringkat tetapi juga untuk mendapatkan% RKT yang lebih baik dengan memasukkan USP, penjelasan tentang apa yang Anda alami dalam klip dan tahun-tahun untuk menunjukkan relevansinya .
  • Deskripsi – Gunakan kata kunci yang Anda pilih dalam teks deskripsi, tetapi juga pikirkan tentang menulis teks yang menarik dan deskriptif tentang video Anda.

Komitmen dari pengguna

Mendorong pengguna untuk terlibat dengan saluran Anda akan menguntungkan peringkat Anda. Komitmen tersebut dapat datang secara alami, tetapi untuk mendorong sedikit tambahan, saya merekomendasikan bahwa dalam video tersebut, minta pengguna untuk berinteraksi dalam bentuk menjawab pertanyaan di komentar atau menyukai / berlangganan video dan saluran Anda.

Ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang perlu Anda ingat saat bekerja dengan Youtube, tetapi ini adalah awal yang baik untuk memberi Anda dan perusahaan Anda visibilitas yang baik di mesin pencari terbesar kedua di dunia. Semoga berhasil!

/ Claudia Oljemark, Pakar SEO

Chrome merencanakan layar pemuatan yang menunjukkan kecepatan situs web

Kami mungkin pernah mengunjungi situs web yang kami pikir akan dimuat dengan cepat, tetapi ternyata tidak. Detik demi detik berjalan, meteran terus menyala tetapi tidak ada yang terjadi dan Anda bahkan mungkin mulai bertanya-tanya apakah koneksi Anda sendiri yang salah atau apakah situsnya lambat?


Di masa mendatang, Anda bisa mendapatkan jawaban untuk masalah seperti ini jika Anda menggunakan browser Google Chrome karena mereka berencana untuk menandai situs yang memuat dengan lambat sehingga pengunjung sudah mengetahui apa yang diharapkan saat mendownload situs.

Memuat layar memperingatkan situs yang lambat

Awal pekan ini, browser Chrome mengumumkan bahwa mereka berencana menerapkan berbagai solusi yang akan memudahkan pengunjung mengetahui seberapa cepat pengalaman mereka nantinya.

Jika Anda mengunjungi situs web yang cenderung membutuhkan waktu lama untuk memuat, layar pemuatan akan muncul saat Anda mengunduh situs web yang menunjukkan hal itu. Untuk situs cepat, pengukur hijau akan muncul di bawah alamat, bukan biru.

Saat ini fungsinya hanya dalam tahap perencanaan, jadi kami belum tahu persis seperti apa tampilannya atau berfungsi dalam praktiknya – tetapi kami dapat berharap bahwa hal serupa akan datang di masa mendatang. Di bawah ini kami melihat gambar dari Google yang menunjukkan seperti apa tampilannya:

Gambar yang dipinjam dari Google menunjukkan layar pemuatan dan bilah biru / hijau

Apa arti perubahan ini bagi pengguna adalah bahwa mereka diperingatkan bahwa situs web lambat dan dengan demikian tidak perlu kembali ke hasil pencarian untuk menguji apakah koneksi sendiri yang salah, misalnya. Maka tentu saja lebih baik jika Anda tahu bahwa Anda memiliki situs web yang lambat sehingga Anda secara aktif berupaya memperbaikinya!

Waktu pengisian semakin penting

Waktu pemuatan situs web sangat penting dalam hal pengalaman pengguna dan bagaimana situs web tersebut dialami oleh pengunjung Anda. Di sini, setiap detik sangat penting karena satu detik dapat menjadi pembeda antara pengunjung yang menginap atau yang memilih untuk pergi.

Dan situs web yang cepat tidak hanya menjadi prioritas bagi pengunjung, tetapi mesin pencari telah lama menunjukkan bahwa pemuatan halaman merupakan faktor penting bahkan dalam perspektif SEO. Lihat kembali semua berita berbeda yang datang pada tahun lalu yang berkaitan dengan kecepatan.

Seberapa cepat situs Anda dimuat?

Biasanya, dikatakan bahwa sebuah situs web tidak boleh memakan waktu lebih dari dua detik untuk memuat – tetapi sebaiknya lebih cepat dari itu jika memungkinkan. Karena teknologinya terus diperbarui, ini juga berarti waktu pengisian daya dapat dikurangi secara signifikan.

Dengan menggunakan alat seperti PageSpeed ​​Insights , LightHouse , dan Laporan Kecepatan di Search Console, dimungkinkan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan situs web dalam hal waktu pemuatan. Baik apa yang sudah berfungsi dengan baik maupun yang perlu ditingkatkan sehingga sumber daya dapat diinvestasikan dalam aktivitas yang membuat perbedaan terbesar.

💡  Tips membaca

Ingin membaca lebih lanjut tentang pemuatan halaman? Maka jangan lewatkan artikel ini:

Laporan kecepatan baru di Google Search Console

Beberapa hari yang lalu, Google merilis laporan kecepatan di Search Console yang memberi Anda wawasan tentang seberapa cepat berbagai halaman di situs Anda dimuat. Christine Jansson, pakar SEO di iProspect memberi tahu lebih banyak tentang laporan baru dan bagaimana Anda dapat menggunakannya.Pemuatan halaman merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan dalam pekerjaan SEO situs Anda. Ini karena pemuatan halaman memengaruhi pengalaman pengguna dan tingkat konversi serta peringkat dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, sangat memuaskan bahwa minggu ini laporan Kecepatan telah diluncurkan  di Google Search Console di semua pasar yang menampilkan data dan memberikan gambaran umum tentang seberapa cepat halaman dimuat di situs Anda.

Laporan ini didasarkan pada data pengguna aktual (dari browser Chrome) yang menunjukkan, antara lain, URL yang dikelompokkan berdasarkan apakah URL tersebut memuat “Cepat / Sedang”, “Sedang / Sedang Cepat”, atau “Lambat / Lambat”. Anda juga dapat melihat seluler vs desktop, dan melihat URL yang memiliki jenis masalah yang sama yang berdampak negatif pada pemuatan halaman.

Laporan tersebut dapat ditemukan saat masuk ke Search Console di bawah Penyempurnaan / Penyempurnaan:

laporan kecepatan pencarian konsolMasih dalam pengembangan

Google telah mengumumkan bahwa laporan baru di GSC masih dalam “tahap percobaan”, yang berarti akan direvisi dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Untuk saat ini, oleh karena itu, laporan harus diambil dengan sedikit garam mengenai angka atau data yang ditampilkan. Meskipun demikian, saat ini masih mungkin untuk mengidentifikasi dan menganalisis banyak pemuatan halaman yang menarik saat ini untuk situs web Anda dengan data yang sudah ditampilkan di sini.


Gambar dipinjam dari Google yang menunjukkan seperti apa tampilan salah satu tampilan tersebut

Cara menggunakan laporan

Laporan baru ini sempurna untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang performa halaman di situs, tetapi juga untuk menindaklanjuti dan mendapatkan tips tentang apa yang harus dilakukan. Berikut beberapa saran tentang cara menggunakan laporan:

Bandingkan berbagai jenis halaman

Mendeteksi jika, misalnya, ada jenis halaman tertentu di situs Anda yang bermasalah dengan pemuatan halaman. Jenis halaman yang berbeda biasanya memiliki jenis masalah yang berbeda – beberapa mungkin memiliki gambar besar atau terstruktur dengan cara berbeda yang dapat memengaruhi waktu pemuatan.

Tindak lanjuti hasil

Menjadi cara untuk melacak pemuatan halaman dari waktu ke waktu di situs Anda. Misalnya, lihat apakah perbaikan muncul dalam laporan ini setelah Anda menerapkan tindakan di situs Anda dengan tujuan meningkatkan pemuatan halaman.

Dapatkan proposal tindakan konkret

Untuk halaman yang memuat dengan lambat, Anda bisa mendapatkan tips tentang langkah-langkah spesifik yang dapat diambil untuk meningkatkan pemuatan halaman (dengan menautkan ke Google PageSpeed ​​Insights). Dengan cara yang sama, Anda juga dapat memeriksa halaman yang dimuat dengan cepat untuk mengidentifikasi apa yang telah dilakukan dengan baik dengan halaman ini secara khusus – dan dengan cara ini cobalah untuk menerapkannya ke halaman lain di situs Anda juga.

Kami sekarang dengan cemas menunggu bagaimana laporan ini di GSC akan berkembang dari waktu ke waktu dan manfaat apa yang dapat kami peroleh dalam upaya meningkatkan situs web kami untuk pengguna dan mesin telusur. Jika Anda belum sempat melihat dan mencoba laporannya, cukup login ke GSC.

🔍 Apakah Anda ingin membaca lebih lanjut tentang laporan baru? Lalu ada informasi tambahan di Google .

Berita SEO Oktober 2019

Bulan baru telah tiba, yang berarti saatnya untuk melihat ke belakang dan merangkum berita utama yang terjadi di dunia penelusuran selama bulan Oktober. Bulan ini juga telah diramaikan dengan, antara lain, pembaruan BERT Google yang hadir untuk mengubah pencarian, peluncuran Site Kit ekstensi untuk situs web yang menggunakan WordPress dan sesuatu yang baru dalam hal bagaimana video ditampilkan. Bacaan bagus!

Google BERT di sini untuk mengubah pencarian Anda

Sekarang Google telah meluncurkan BERT – yaitu, Representasi Encoder Bidirectional dari Transformers yang merupakan salah satu perubahan terbesar yang pernah mereka buat dalam pencarian. Pembaruan ini akan membuat Google lebih baik dalam memahami maksud di balik setiap pencarian dan dengan demikian dapat memberikan hasil pencarian yang lebih relevan kepada penggunanya.

Lihat saja contoh di bawah ini dari Google yang menunjukkan bagaimana BERT memberikan hasil yang lebih relevan dalam pencarian:

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang BERT di email Google atau di artikel ini .

Peluncuran Site Kit untuk situs WordPress

Sekitar setahun yang lalu saya menulis artikel bahwa ekstensi Kit situs sedang dalam pengembangan dan hanya beberapa hari yang lalu produk diluncurkan untuk semua orang. Site Kit adalah plugin gratis untuk WordPress yang mengumpulkan data dari berbagai layanan Google di satu tempat – Anda dapat, misalnya, mendapatkan wawasan dari Search Console, GA, AdSense, atau PageSpeed ​​Insights tanpa harus keluar dari panel admin.

Gambar yang dipinjam dari Google yang menunjukkan seperti apa tampilan dasbor di Site Kit

Baca lebih lanjut tentang Site Kit atau unduh di sini .

Penandaan baru memberikan gambaran yang lebih mudah dalam video

Ada perubahan konstan dalam penelusuran untuk meningkatkan pengalaman dan mempermudah kami menemukan apa yang sebenarnya kami cari. Google sekarang akan mempermudah pengguna untuk melihat apakah suatu video berisi apa yang mereka cari dengan mengizinkan pembuat konten menyorot bagian terpenting dari video mereka. Hal ini mempermudah untuk membaca sekilas konten tanpa harus menonton videonya – seperti yang sering kita lakukan saat membaca artikel.

Contoh dari Google yang menunjukkan cara membuat konten video lebih mudah diidentifikasi:

Di atas, kami melihat gambar dari hasil pencarian pada video yang membahas apa yang Anda butuhkan saat membuat podcast di mana bagian paling penting telah disorot. Seperti “mikrofon”, “lengan boom”, “shock mount”, dan “mengedit podcast 101”.

Baca lebih lanjut tentang tag di blog Google .

Penayangan baru untuk hasil video di Search Console

Sekarang akan lebih mudah untuk mengetahui bagaimana kinerja video Anda dalam pencarian dengan bantuan dua laporan yang benar-benar baru di Search Console. Kedua laporan tersebut mempermudah untuk melihat bagaimana kinerjanya dalam penelusuran, sekaligus membantu memastikan bahwa keduanya ditandai dengan benar.

Baca lebih lanjut tentang tampilan baru untuk video di sini .

Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada Flash

Flash adalah teknologi yang mengguncang internet di awal tahun 2000-an dan membuka dunia baru dengan elemen interaktif, animasi, dan tidak melupakan semua game berbasis web. Namun teknologi sedang berubah dan pada 2017 Adobe mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mengembangkan Flash pada akhir tahun 2020. Sejak itu, berbagai browser seperti Chrome, Firefox dan Edge tidak lagi mendukung teknologi tersebut.

Sekarang Google juga telah melaporkan bahwa konten yang dibuat menggunakan Flash akan diabaikan dan file .swf tidak akan lagi diindeks dalam hasil pencarian seperti sebelumnya.

Baca lebih lanjut di posting blog dari Google!

Cari Pemula: seri video baru dari Google

Bulan lalu, Google merilis seri Berita Penelusuran baru yang memperbarui pemilik situs di seluruh dunia tentang kejadian terbaru di dunia penelusuran, dan sekarang mereka merilis seri lainnya: Penelusuran untuk Pemula.

Serial video ini terutama ditujukan untuk pemula dan membahas segala hal mulai dari betapa pentingnya situs web hingga cara kerja pencarian atau cara mengubah deskripsi meta. Sempurna sebagai pengantar bagi siapa saja yang baru mengenal dunia penelusuran.

Baca lebih lanjut tentang Penelusuran untuk Pemula atau lihat serialnya di YouTube !

💬 Apakah ada berita yang menurut Anda lebih menarik bulan ini?

Berita SEO September 2019

Ketika datang ke berita di pencarian organik, September benar-benar disampaikan dengan pembaruan demi pembaruan dari Google. Antara lain, kami telah melihat peringkat dari situs kami menghilang, dua atribut tautan baru diluncurkan dan judul halaman yang lebih pendek muncul di hasil pencarian. Ingin tahu lebih banyak tentang apa yang terjadi dalam penelusuran selama bulan September? Kemudian baca terus. Bacaan bagus!

Peringkat tempat sendiri tidak lagi ditampilkan di hasil penelusuran

Pemilik situs web telah lama menggunakan data terstruktur untuk menonjol di hasil penelusuran dengan lebih banyak klik, yang disebut “cuplikan kaya”. Anda mungkin pernah melihatnya sebelumnya, misalnya bintang kuning beserta informasi produk atau jumlah review yang ditampilkan langsung di hasil pencarian.

Sekarang Google mengatakan bahwa perubahan akan terjadi yang berarti peringkat dan ulasan dari situs dan organisasi lokal yang dinilai sebagai “melayani diri sendiri” tidak akan muncul lagi di hasil pencarian. Dengan kata lain, baik peringkat maupun ulasan untuk jenis jadwal yang termasuk dalam Bisnis Lokal dan Organisasi tidak akan ditampilkan jika dianggap terkait dengan bisnis mereka sendiri.

Baca lebih lanjut tentang berita ini di blog Google sendiri .

Google mencoba mempersingkat judul halaman dengan lima karakter

Pada pertengahan September, ada kemungkinan untuk melihat perubahan yang jelas dalam panjang judul halaman saat mereka berubah dari sekitar 55 karakter menjadi rata-rata 50 karakter. Bahwa panjang perubahan metadata bukanlah hal baru, tetapi Google sering melakukan tes berbeda dalam hal warna, panjang dan ukuran font dalam hasil pencarian. Yang penting adalah selalu mengikuti perkembangan dan melacak perubahan yang terjadi!

Namun, terlalu sedikit waktu untuk mengetahui apakah pembaruan ini tetap ada atau apakah mereka akan membuat penyesuaian lebih lanjut. Jika Anda ingin aman karena konten judul terlihat, mungkin ada gunanya mempersingkatnya sedikit di halaman terpentingnya – jika tidak, lebih baik menunggu.

Wawasan lebih cepat di Search Console

Dengan update ini, Anda tidak perlu lagi menunggu beberapa hari untuk mendapatkan akses ke data kata kunci terbaru di Search Console, karena sekarang data historis kata kunci kemarin akan tersedia sekaligus. Ini akan menyederhanakan pekerjaan analisis karena kita mengetahui wawasan lebih cepat, yang mengarah pada keputusan yang lebih cepat.

Baca lebih lanjut tentang cara Search Console mengambil datanya !

Laporan Search Console lama menghilang

Sudah setahun sejak saya menulis artikel saya di sini di blog SEO bahwa versi baru Search Console telah siap meninggalkan tahap beta dan dapat dilihat sebagai produk jadi. Sejak itu, kami telah melihat fitur-fitur baru datang dan alat tersebut terus berkembang dengan sangat pesat, yang berarti bahwa versi lama yang dapat dicapai secara paralel sekarang akan ditutup dan merujuk ke versi baru sebagai gantinya.

Telah lama mungkin untuk menjangkau sebagian besar laporan dan dasbor lama, tetapi dengan perubahan ini hal itu tidak lagi memungkinkan – namun, tentu saja, mendapatkan jenis wawasan yang sama di SC baru tentu saja!

Baca lebih lanjut tentang perubahan di blog Google untuk webmaster.

Pembaruan Inti September 2019

Pada tanggal 24 September, tiba waktunya untuk pembaruan inti baru, yaitu perubahan besar pada algoritme Google yang dilakukan setiap tiga bulan. Secara total, ada lebih dari 3.200 perubahan setiap tahun menurut Google sendiri, yang merupakan suatu keharusan untuk menjaga agar pencarian tetap mutakhir dan relevan dalam semua situasi. Dalam sebuah survei dari Sistrix.com , tampaknya terutama situs web di bidang kesehatan, media, dan perjalanan yang terpengaruh.

Atribut baru untuk tautan eksternal

Lima belas tahun yang lalu, atribut tautan nofollow dirilis, yang banyak digunakan saat ini oleh pemilik situs web dan editor di seluruh dunia – tetapi lima belas juga merupakan waktu yang lama dan banyak yang telah terjadi sejak saat itu. Oleh karena itu, Google telah memilih untuk membuat dua atribut tautan yang benar-benar baru – bersponsor untuk berbagai jenis sponsor dan ugc yang untuk konten buatan pengguna.

Baca lebih lanjut tentang berita ini di blog Google sendiri atau dalam artikel ini yang memberi tahu Anda lebih banyak tentang cara kerja dan penggunaan atribut baru.

Dapatkan lebih banyak kendali atas bagaimana klik ditampilkan

Di pertengahan bulan, Google mengumumkan bahwa mereka akan merilis tag baru yang memberi pemilik situs lebih banyak kontrol atas bagaimana klik organik di hasil pencarian muncul (atau tidak muncul). Bisa tentang berapa banyak karakter yang akan ditampilkan, jika ada konten yang tidak ingin dimasukkan ke dalam metadata atau jika gambar akan ditampilkan di hit.

Ini masih sangat baru tetapi kami pasti dapat berharap untuk melihat lebih banyak fungsi ke arah ini di masa mendatang.

Baca lebih lanjut tentang tag baru !

Goolge meluncurkan serial YouTube Search News

Google telah merilis seri baru di YouTube yang disebut Berita Penelusuran yang berfokus pada memberikan ringkasan singkat kepada pemilik situs web dan penerbit tentang apa yang terjadi di dunia penelusuran. Karena berjalan sangat cepat dan terkadang sulit untuk mengikuti semua hal baru yang terjadi. Bagian-bagian tersebut berdurasi sekitar 5 menit jadi sempurna jika Anda tidak punya terlalu banyak waktu tetapi ingin mendapatkan gambaran umum singkat. Bagian terlampir di bawah ini jika Anda ingin menontonnya sekali!

💬 Berita apa yang menurut Anda lebih menarik bulan ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *