Cara Sempurna Mengatasi Baterai Penuh Tapi Hp Tiba-Tiba Mati Sendiri

2 min read

Pernah mengalami indikator baterai masih banyak namun tiba-tiba Ponsel mati sendiri ?, Tentunya bagi beberapa pengguna ponsel cerdik mengalami hal tersebut. Sebenarnya apa yang terjadi, apakah baterai sudah rusak atau waktunya diganti, atau sistem yang bermasalah, atau mungkin hardwarenya yang mengalami kerusakan ?. Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut mari simak ulasan di bawah ini.
Pada artikel terdahulu admin pernah mengulas juga persoalan ini dan banyak pertanyaan dari para pembaca lantaran memang admin hanya menukilkan garis besarnya saja dalam trouble shooternya. Di artikel ini admin akan memperjelas beberapa pembahasan artikel sebelumnya perihal baterai ponsel dan permasalahannya.

Tentu sangat menjengkelkan dan bikin aktifitas bersama ponsel cerdik kesayangan menjadi terganggu bila tiba-tiba HP mati sendiri padahal prosentase baterai di indikatornya masih menunjukkan angka yang masih dikatakan sanggup mensuplai arus. Contoh, dikala lezat berselancar dan indikator baterai menunjukkan angka 30 persen (umpamanya), tiba-tiba HP mati sendiri, tentu menciptakan banyak sekali tanda tanya bukan ?, apalagi jikalau si empunya ponsel yakin bila baterai masih sehat lantaran beli ponsel saja masih dalam hitungan bulan…nah lho..

 Pernah mengalami indikator baterai masih banyak namun datang Cara Tepat Mengatasi Baterai Penuh Tapi HP tiba-tiba mati sendiri
Ada beberapa kriteria yang biasa terjadi dan menimbulkan persoalan tersendiri untuk pemilik ponsel dalam kasus baterai masih ‘dianggap’ penuh oleh indikator prosentase baterai namun tiba-tiba ponsel mati dengan sendirinya. Adakalanya Indikator meunjukkan adanya false indikator maupun adanya sistem yang sedang bermasalah sanggup menjadi hambatan tersendiri bagi yang salah dalam mendeteksi beberapa trouble diatas.


Beberapa kasus Ponsel mati sendiri lantaran arus Baterai :
1. Ponsel tiba-tiba Mati, namun sanggup dihidupkan kembali.
2. Ponsel restart ulang, secara terus menerus.
3. Ponsel tiba-tiba mati, namun tidak sanggup dihidupkan kembali.
Dari ketiga kasus yang serint terjadi diatas, ada beberapa alasannya yaitu dan cara mengatasinya. Di bawah ini admin akan membedah satu-persatu problem yang sering dihadapi ponsel berafiliasi dengan indikator baterai yang menimbulkan ponsel mati dengan sendirinya.
1. Untuk menjawab kasus yang pertama diatas, dikala indikator baterai masih menunjukkan angka yang tinggi namun ponsel mati dan sanggup dihidupkan kembali setelahnya maka ada beberapa alasannya yaitu yang sanggup terjadi diantaranya :


a. Sistem Bermasalah
Perlu diketahui bahwa sesungguhnya ponsel tidak sanggup mengetahui seberapa persis isi arus yang ada di baterai tanpa melalui banyak sekali alur bahasa sistem operasi yang menghandle perangkat keras.
Disinilah fungsi sistem itu sendiri sebagai jembatan bagi user dan hardware semoga sanggup dilihat oleh penggunanya.
Sistem yang bermasalah sanggup menunjukkan adanya notifikasi palsu yang tidak sesuai dengan alur agenda didalamnya, sehingga menimbulkan ‘missing communication’ antara baterai, hardware dan baterai itu sendiri.


b. Hardware bermasalah
Urusan baterai yang menyuplai daya ke ponsel semuanya diatasi oleh beberapa komponen menyerupai tahanan, kondensator, IC, maupun dioda yang mana ukurannya telah ditetapkan oleh vendor si pembuat smartphone.
Adanya salah satu saja hardware yang mengurusi keluar masuknya arus ke ponsel dari baterai tentu akan menciptakan kinerja keseluruhan sistem bermasalah, baik itu dari sisi perangkat maupun sistem yang sedang berjalan sehingga ponsel sanggup mati dengan sendirinya meskipun indikator prosentase arus masih tinggi.
c. Baterai bermasalah
Nah, untuk yang satu ini memang yang sering terjadi pada kasus nomor 1, dimana baterai yang terlihat masih bagus, ponsel masih dianggap gres saja beli namun tiba-tiba mati dengan sendirinya.
2. Untuk permasalahan ponsel dengan indikator baterai masih banyak namun selalu restart ulang (reboot) dengan sendirinya maka sanggup terjadi persoalan dengan poin a dan b diatas.
3. Untuk kasus ponsel yang tiba-tiba mati namun tidak sanggup dihidupkan kembali setelahnya sebelum melaksanakan charging ulang meskipun indikator masih penuh, maka problem tersebut sanggup terjadi menyerupai poin a, b, maupun c. Dan seringkali cara penggantian baterai merupakan solusi yang paling sempurna (poin c)
Dari semua klarifikasi diatas, admin akan rangkum bagaimana cara mengatasi hal tersebut dengan urutan yang tentunya harus dilakukan secara sempurna dan fokus pada permasalahan baterai ? silahkan simak terus yuk ulasannya di bawah ini.

Baca Juga

Cara mengatasi ponsel mati sendiri walau prosentase baterai penuh :
1. cara pertama yaitu cobalah meminjam (jangan eksklusif beli) baterai milik teman atau kerabat yang homogen dengan ponsel anda.
Pastikan baterai pertolongan tersebut masih penuh, kemudian pasang dan nyalakan gadget serta lakukan aktifitas menyerupai biasanya.
Bila dengan baterai tersebut ponsel tidak lagi mati tentu ‘tersangkanya’ niscaya baterai anda yang harus diganti.
2. Namun bila cara nomor 1 tidak mengatasi masalah, lanjutkan dengan melaksanakan soft reset atau mengembalikan setelan ke pengaturan awal (reset factory) untuk memastikan sistem yang tidak bermasalah dalam hal ini.
3. Apabila sehabis langkah nomor 2 dilakukan dan tidak membuahkan hasil, coba lakukan proses flashing ulang firmware gadget anda. Bila tidak memiliki skill untuk melaksanakan flash ulang silahkan bawa ke seervice center untuk melakukannya.
4. Dan apabila cara ke 1 hingga ke-3 sudah tidak sanggup mengatasi permasalahan diatas, maka perlu dilakukan pengecekan terhadap hardware yang berafiliasi dengan keluar masuknya arus dari baterai.
Untuk yang satu ii tentunya tukang service yang sudah berpengalaman yang sanggup melakukannya. Jangan coba-coba untuk membongkar ponsel dan otak-atik komponen didalamnya tanpa mengetahui Ilmunya semoga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah terhadap komponen lain.
Prosedur yang berurutan diatas sanggup anda lakukan untuk memastikan penyebab ponsel anda yang mati tiba-tiba walaupun indikator baterai masih dianggap sanggup menyuplai daya. Semoga ulasan Dunia android sanggup bermanfaat dan silahkan layangkan pertanyaan di kolom komentar bila ada problem seputar dunia smartphone, terima kasih.

Kejadian Ponsel Android Yang Meledak

Kejadian Ponsel meledak tentunya sudah sering kita dengarkan di aneka macam media. Banyak diantaranya lantaran kelalaian pengguna maupun kesalahan dalam sistem produksi gadget itu...
Delta News
1 min read

Tips Menentukan Ponsel Dengan Baterai Double Power

Bagi para Calon pembeli ponsel Pintar salah satu yang sering menjadi pertimbangan yakni daya tahan baterai smartphone apalagi dengan maraknya istilah baterai Double Power...
Delta News
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *