Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

6 min read

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya – Mirza M. Haekal Follow Mirza adalah anggota tim SEO di . Dia suka mempelajari sesuatu yang baru setiap hari.

Menulis artikel yang bagus saja tidak cukup. Anda juga harus membuat artikel ramah mesin pencari. Dengan begitu, blog Anda akan lebih mudah menjadi nomor satu di Google dan dibanjiri pengunjung.

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

Bagaimana itu bekerja? Pertama, Anda perlu mengetahui cara membuat artikel yang SEO friendly, yaitu artikel yang mengikuti aturan algoritma Google terbaru dan menarik bagi pembaca.

Contoh Artikel Ilmiah Singkat Yang Baik Dan Benar

Nah, pada artikel kali ini kami akan membagikan 20 tips menulis artikel SEO. Anda juga bisa mempelajari contoh tulisan SEO Friendly yang akan Anda praktekkan. Penasaran? Yuk, baca selengkapnya!

Langkah pertama untuk membuat artikel Anda SEO friendly adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat, yaitu kata-kata yang memiliki volume pencarian tinggi, persaingan rendah dan sesuai dengan niche blog Anda.

Kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi menunjukkan bahwa mereka sangat dicari oleh audiens. Jadi jika Anda menulisnya, itu akan berpotensi menarik banyak pembaca.

Kata kunci dengan sedikit persaingan akan memudahkan Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google. Ini mungkin karena sedikit dari mereka yang menulis atau pesaingnya bukan blog besar.

Pengertian, Ciri Ciri, Jenis & Cara Membuat Artikel Opini Untuk Pemula [+ Contoh]

Nah, memilih kata kunci yang sesuai dengan niche blog Anda akan membantu konten Anda tetap relevan. Dengan begitu, akan sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog Anda. Misalnya, blog kecantikan secara alami akan lebih cenderung menggunakan kata kunci seperti tips kecantikan, perawatan kulit terbaik, dan sejenisnya.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Beberapa alat penelitian kata kunci gratis yang dapat Anda gunakan adalah Ubersuggest, KVFinder, atau Google Trends.

Hasilnya menunjukkan bahwa volume pencarian untuk kata kunci “membuat blog” adalah 5400 per bulan. Jadi, cukup menjanjikan bahwa itu akan berubah menjadi sebuah artikel. Selanjutnya tingkat kesulitannya adalah 28 yang bisa dikatakan mudah.

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

Saat menulis artikel SEO, Anda harus memperhatikan niat karena niat pencarian adalah salah satu faktor penilaian SEO Google. Pasalnya, niat yang tepat akan menjawab kebutuhan pengguna dalam bentuk konten yang relevan.

Suka Menulis? Intip 13 Cara Membuat Artikel Online Yang Baik!

Nah, begitu pengunjung mendapatkan informasi yang diinginkan, mereka pasti akan menempel pada artikel Anda. Inilah sebabnya mengapa Google menganggap artikel Anda berguna dan harus berperingkat tinggi.

Pada halaman pencarian, artikel yang muncul adalah tentang rekomendasi merek makanan kucing terbaik. Jadi jika ingin menulis artikel, tulislah rekomendasi brand dengan angka yang lebih banyak atau pembahasan yang lebih detail sesuai kebutuhan pembaca.

Kata kunci dapat digunakan untuk membuat artikel dengan sudut pandang yang berbeda. Langkah ini efektif untuk membuat artikel Anda lebih menonjol. Namun, tentunya dengan memastikan sesuai dengan niat pengguna, ya!

Baca Juga :  Cara Membuat Iklan Fanspage Di Facebook

Katakanlah Anda ingin menggunakan kata kunci “cara membuat seblak”. Jika pesaing Anda memiliki artikel tentang cara membuat seblak ala restoran, Anda dapat menulis tentang “Cara membuat seblak di rumah dalam lima langkah”.

Cara Menulis Dan Contoh Daftar Pustaka Paling Lengkap

Selain artikel Anda yang unik, kemudahan yang ditawarkan tentunya akan lebih menarik bagi pembaca. Belum lagi, sudut pandang yang unik juga memastikan bahwa artikel Anda asli, sehingga Google lebih memilih untuk peringkat tinggi.

Setelah menentukan sudut pandang, susun artikel dengan baik. Tujuannya untuk mempercepat proses penulisan dengan memilih apa yang ingin disampaikan dalam artikel.

Selain itu, struktur artikel yang baik akan memudahkan pengunjung untuk memahami artikel Anda. Secara umum, struktur artikel dibagi menjadi tiga bagian:

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

Salah satu tip yang dapat Anda coba adalah menulis beberapa kalimat pendek yang menguraikan setiap bagian. Anda kemudian dapat mengembangkannya menjadi penjelasan lengkap yang saling berhubungan.

Acyclovir Analysis Using Visible Spectrophotometry.

Cara membuat artikel yang SEO friendly selanjutnya adalah dengan menulis paragraf pembuka yang baik, yang harus menjawab maksud pembaca dan menyertakan kata kunci. Mengapa demikian?

Pertama, bagian pembuka yang tidak sesuai dengan maksud akan menyebabkan pembaca meninggalkan artikel Anda. Kedua, menempatkan kata kunci di bagian pembuka dapat membantu Google merekomendasikannya kepada pembaca yang tepat.

Jaga agar paragraf dalam artikel Anda tetap pendek agar pembaca merasa nyaman. Tiga kalimat umumnya cukup untuk menyampaikan penjelasan yang baik.

Menurut penelitian, pembaca artikel online biasanya tidak membaca kata per kata, melainkan memindai huruf “F” (Pola berbentuk F).

Cara Menulis Artikel Beserta Contoh Artikel

Pembaca akan membaca pendahuluan secara keseluruhan dan kemudian memindai kata/kalimat yang menarik secara vertikal. Begitu seterusnya hingga artikel selesai. Sekarang, dengan maksimal tiga kalimat di setiap paragraf, itu akan:

Piramida terbalik adalah teknik penulisan di mana informasi terpenting ditempatkan di awal, diikuti dengan penjelasan yang lebih rinci, dan diakhiri dengan informasi tambahan.

Anda bisa menggunakan teknik piramida terbalik dalam penjelasan keseluruhan artikel, pada subjudul, hingga paragraf. Pada artikel Apa itu bug, struktur outline yang digunakan adalah sebagai berikut:

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

Niat pembaca untuk memahami kesalahan ditempatkan di awal sebagai informasi yang paling penting. Kemudian lanjutkan dengan berbagai penyebab kesalahan sebagai penjelasan tambahan. Lalu, bagaimana menghindari kesalahan menjadi informasi tambahan bagi yang ingin mencoba langkah-langkah yang diberikan.

Pdf) Langkah Awal Belajar Menulis Artikel Ilmiah

Memutuskan satu topik dan fokus pada penjelasan itu adalah cara membuat artikel penting yang SEO friendly. Selain tidak membingungkan pembaca, topik artikel yang jelas akan membuat informasi yang disampaikan lebih runtut.

Misalnya, saat menulis artikel “cara beternak lele”, Anda harus fokus pada panduan cara beternak ikan lele. Jika ingin membahas jenis-jenis ikan lele untuk dikembangbiakkan, silahkan tulis artikel lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membahasnya lebih dalam dan lengkap.

Selain itu, fokus pada satu topik tertentu akan menggunakan kata kunci terkait. Terakhir, perayap web Google memahami struktur artikel untuk pengindeksan dengan lebih mudah.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Yang Ada Di Gmail

Salah satu kesalahan yang dilakukan pemula dalam penulisan artikel adalah penggunaan kata kunci (keyword stuffing) yang berlebihan. Tujuannya, agar bisa tampil lebih cepat di halaman pencarian Google.

Proposal Usaha: Jenis, Faktor, Cara Membuat Dan Contohnya Halaman All

Padahal, keyword stuffing adalah praktik spam yang jauh dari standar penulisan artikel yang SEO friendly. Alasannya karena Google menganggap isian kata kunci sebagai spam karena akan menurunkan kualitas artikel Anda dan membuat pembaca Anda tidak nyaman.

Oleh karena itu, sebarkan kata kunci Anda dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Ingat, Anda menulis artikel untuk dibaca orang. Jadi, pastikan paragraf Anda berat dan mudah dibaca.

Seperti namanya, konjungsi adalah kata yang menghubungkan kalimat atau paragraf. Konjungsi digunakan untuk membantu pembaca memahami hubungan antara ide-ide dalam sebuah artikel.

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

Teks B menjelaskan bahwa ada tiga manfaat yang saling terkait dan diakhiri dengan kesimpulan. Sedangkan teks A harus dibaca dan diserap secara perlahan agar dapat dipahami.

Cara Menulis Artikel Agama Islam Agar Tayang Di Media (dilengkapi Contoh Artikel Agama Islam Yang Terbit Pada Koran Waspada Medan) Book By Abdul Hakim Siregar

Sebuah artikel SEO harus menggunakan internal link karena berguna untuk membantu Google mengindeks website Anda dan memahami konteks artikel yang sedang dibuat. Hasilnya, SEO Anda juga akan lebih baik.

Bagi pengunjung, tautan internal membantu mengarahkan mereka jika mereka ingin membaca lebih lanjut tentang topik yang Anda bicarakan. Hal ini tidak hanya membuat pengunjung bertahan lebih lama di situs web, tetapi juga menunjukkan keahlian Anda dalam membahas topik secara mendalam.

Sedangkan external link adalah link yang mengarah ke website lain. Anda dapat menyisipkan tautan eksternal sebagai sumber untuk memperkuat penjelasan dan meyakinkan pembaca. Misalnya link hasil penelitian, statistik, kutipan atau referensi dari media lain.

Namun, usahakan untuk menyisipkan link eksternal dengan tepat dan hanya pada halaman yang relevan, ya! Karena Google akan menghukum Anda jika Anda ketahuan mengirim spam ke tautan eksternal yang tidak relevan dan benar-benar mengganggu pembaca Anda.

Cara Membuat Artikel Ilmiah Yang Benar Dan Contohnya

Konten visual seperti gambar, ilustrasi, infografis, chart, GIF, hingga meme juga termasuk cara membuat artikel yang SEO friendly, lho! Mengapa?

Otak manusia memproses data visual 60 ribu kali lebih cepat daripada menulis. Jadi, menyisipkan data infografis atau grafik ke dalam artikel Anda akan memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Selain itu, konten visual dengan kombinasi warna yang tepat terbukti mampu meningkatkan minat pembaca hingga 80%. Misalnya warna yang tidak bentrok atau warna yang sesuai dengan desain website Anda.

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

Terakhir, 91% pengguna Internet lebih menyukai konten visual daripada konten tertulis. Alhasil, artikel Anda akan lebih nyaman jika ada konten visual yang mendukung penjelasannya.

Cara Membuat Artikel Ilmiah Popular Yang Baik Dan Benar

Anda bisa mendapatkan konten visual dari situs web yang menyediakan gambar gratis seperti Picabay atau Unsplash. Selain itu, Anda dapat membuat konten visual Anda sendiri menggunakan Canva. Sementara kalau mau bikin meme bisa ke Imgflip atau Kapwing.

Baca Juga :  Cara Memasang Banner Di Blog

Menulis artikel SEO dengan konten visual tambahan adalah penting. Namun, Anda perlu melakukan langkah optimasi. Tujuannya adalah untuk menghemat sumber daya penyimpanan, membuat situs web lebih cepat, dan membuat pengunjung lebih waspada.

Tips di atas hanyalah langkah dasar pengoptimalan gambar. Jika Anda tertarik dengan panduan yang lebih lengkap, Anda dapat membacanya di → Panduan Lengkap Optimasi SEO Gambar untuk Situs Web

Penggunaan heading sangat penting saat menulis artikel SEO. Alasannya, pembaca akan lebih mudah menemukan garis besar atau topik artikel Anda. Terutama bagi mereka yang cenderung memindai informasi dalam artikel.

Contoh Blog Dan Website Pribadi Terbaik, Pasti Menginspirasi!

Plus, Google menyukai artikel yang terstruktur dengan baik. Tak heran, artikel yang terstruktur dengan jelas dan sesuai dengan niat pembaca akan mendapat sorotan “peringkat 0” seperti ini:

WordPress sendiri memiliki enam heading (H1 hingga H6) yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips memaksimalkan headline yang dapat Anda coba:

Yoast, pembuat salah satu plugin SEO terbaik, merekomendasikan panjang artikel minimal 300 kata agar Google dapat memahami topik Anda. Meski begitu, setidaknya buat artikel dengan rata-rata 1000 – 2500 kata.

Cara Menulis Artikel Dan Contohnya

Kedua, artikel bentuk panjang yang ramah SEO biasanya memiliki banyak judul, gambar, atau tautan yang dapat disisipkan menggunakan kata kunci. Bahkan, SEO artikel secara keseluruhan akan lebih baik.

Cara Review Jurnal: Contoh, 6 Tujuan Dan Cara Membuat [update 2022]

Selama panjang artikel optimal dan informasi yang diberikan relevan, artikel tersebut akan dengan mudah menempati peringkat atas hasil pencarian teratas.

Membuat artikel yang SEO friendly menuntut Anda tidak hanya memperhatikan kalimat dan paragraf, tetapi juga komponen teknis blog. Tujuannya agar artikel Anda terlihat menarik dan bersaing di hasil pencarian Google.

Jika Anda memperhatikan komponen teknis di atas, SEO Anda juga akan lebih baik. Akibatnya, artikel Anda akan mendapat peringkat lebih cepat di hasil pencarian Google.

Plugin SEO akan secara otomatis memberikan saran untuk mengoptimalkan aspek SEO artikel Anda. Sangat bermanfaat bukan? Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan salah satu plugin untuk membantu Anda menulis artikel SEO yang baik.

Jual Buku Cara Menulis Artikel Agama Islam Agar Tayang Di Media: Dilengkapi Contoh Artikel Agama Islam Yang Terbit Pada Koran Waspada Medan Abdul Hakim Siregar Penerbit Buku Deepublish Indonesia|shopee Indonesia

Plugin SEO yang kami rekomendasikan adalah Yoast SEO. Plugin ini dapat membantu Anda menentukan judul, jumlah

Cara mendapatkan uang dari menulis artikel di internet, cara mendapatkan uang dari menulis artikel, cara menulis artikel di blog, cara penulisan artikel dan contohnya, cara menulis essay dan contohnya, cara menulis artikel, cara menulis cerpen dan contohnya, cara menulis esai dan contohnya, cara menulis artikel di google, cara menulis artikel di wordpress, cara menulis artikel seo friendly, cara membuat artikel dan contohnya

Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  Never miss a story from us, get weekly updates in your inbox.

© 2022 Copyright Karsa Nusantara

KarsaNusantara Theme by BungMais.com