Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Cara Mengisi Google Adsense Youtube

5 min read

Cara Mengisi Google Adsense Youtube – Cara Mengisi Formulir Pajak Google Adsense – Youtube kini memberlakukan pajak bagi para pembuat konten di seluruh dunia. Tapi jangan khawatir guys, jadi pajak ini hanya berlaku jika Anda mendapatkan penonton dari Amerika Serikat.

Misalkan channel youtube Anda memiliki 100 ribu viewer/bulan, dari 100 ribu viewer tersebut, ternyata ada 1000 orang yang menonton video Anda dari Amerika. 1000 pemirsa dari AS, misalnya, mendapatkan $10, sekarang 10 dolar yang Anda dapatkan dari pemirsa AS hanya akan dikenakan pajak oleh YouTube.

Cara Mengisi Google Adsense Youtube

Cara Mengisi Google Adsense Youtube

Sekarang Anda perlu mengisi formulir pajak google adsense, paling lambat tanggal 21 Mei 2021. Jika Anda tidak mengisi formulir pada akhir waktu yang dijadwalkan, maka youtube akan menghapus semua penghasilan Anda dari akun google adsense Anda dan tidak melakukannya. pendapatan tidak hanya dari pemirsa Amerika tetapi penghasilan pemirsa dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

Cara Mengisi Informasi Pribadi Anda. In

Saya sarankan untuk segera mengisi formulir tersebut, bagi yang belum tahu caranya, berikut ini saya akan memberikan tutorial cara mengisi formulir pajak Adsense.

Silahkan buka akun google adsense anda dan setelah itu anda melihat notifikasi yang memberikan informasi tentang kebijakan baru pajak google adsense kemudian klik tax information management seperti gambar dibawah ini. Jika tidak ada pemberitahuan informasi pajak Anda, masuk ke menu pembayaran, lalu klik pengaturan administratif, lalu klik informasi pajak AS.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke bagian seleksi di bawah ini yaitu jenis formulir pajak dan silahkan pilih Formulir W-8BEN yang merupakan formulir yang paling banyak digunakan oleh perorangan bagi yang bukan dari Amerika Serikat. Kemudian klik berikutnya.

Selanjutnya silahkan pilih negara pengguna yaitu Indonesia dan masukkan NPWP pada bagian luar negeri, bagi yang sudah memiliki NPWP cukup masukkan nomor NPWP anda, jika belum memiliki NPWP lewati dan klik next.

Cara Daftar Google Adsense Dan Mengaktifkannya Di Website

Isikan tanda tangan sesuai dengan nama pada KTP/NPWP, lalu pilih pada pertanyaan apakah Anda orang yang tercantum di bagian Tanda Tangan, lalu pilih ya.

Selanjutnya, jika Anda menggunakan NPWP, pilih pernyataan: “Saya memberikan informasi pajak untuk profil pembayaran baru atau lama yang tidak menerima pembayaran”. Tanpa NPWP pilih: “Saya memberikan informasi pajak untuk profil gaji yang ada”.

Terakhir tinggal klik kirim dan proses pendaftaran isi informasi pajak AS di Google Adsense selesai dan nantinya Anda akan menerima email konfirmasi dan gambar seperti berikut akan muncul di akun Google Adsense Anda yaitu posisi. Baru-baru ini, Kreator Youtube sangat antusias dengan kebijakan baru Google AdSense, yang akan menggunakan pengurangan pajak sesuai dengan kebijakan Amerika Serikat. Tak sedikit Kreator yang kehilangan semangat karena program tax refund yang mulai berlaku awal Juni lalu.

Baca Juga :  Situs Penyedia Template Blog Gratis

Cara Mengisi Google Adsense Youtube

Aturan ini berlaku berdasarkan Pasal 3 A.S. Internal Revenue Code, Google kini bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pajak dari semua kreator yang berada di luar Amerika Serikat, yang menghasilkan uang dan akan memungut pajak jika Kreator berasal dari penonton Amerika.

Begini 6 Cara Daftar Google Adsense On Youtube Yang Mudah

Karena Youtube berasal dari Amerika Serikat, tentunya Anda harus mematuhi hukum yang berlaku di negara tersebut. Kita sebagai Pencipta harus mengikuti aturan, dan di sini Google AdSense telah menyediakan formulir yang harus diisi oleh Pencipta.

Jika Kreator mengirimkan informasi pajak, maka pajak AS dapat diterapkan pada penghasilan dari pemirsa AS, termasuk penayangan iklan, YouTube Play, Super Chat, Super Stickers, dan bahkan Subscription Channel.

Jika Kreator tidak menyampaikan informasi pajak, tarif pajak dapat ditetapkan pada tingkat diskonto yang lebih tinggi sebesar 24% dari total pendapatan AdSense yang diterima dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Untuk mendapatkan potongan pajak yang kecil, ada baiknya Pencipta memiliki NPWP. Tutorial ini hanya ditujukan bagi mereka yang memiliki NPWP, jadi ada sedikit perbedaan dibandingkan mengisi formulir yang tidak menyertakan NPWP.

Terjadi Error [or Baih 01] Pada Google Adsense

8. Kemudian pada halaman Sertifikat. pilih “Ya, saya orang yang tercantum di bagian Tanda Tangan, dan saya mengisi formulir ini untuk diri saya sendiri” lalu klik Berikutnya.

9. Ikuti petunjuk seperti pada gambar di bawah, lalu klik Submit untuk menyelesaikan pengisian formulir pembayaran Google AdSense.

Kemudian akan muncul notifikasi bahwa Anda telah selesai mengisi formulir pajak Google AdSense, dengan keterangan potongan pajak yang berlaku seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengisi Google Adsense Youtube

Menurut informasi yang saya terima dari grup Facebook, bagi yang tidak menggunakan NPWP akan dikenakan pajak masing-masing sebesar 30% seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Simak Apa Itu Google Adsense Dan Cara Kerjanya

Begitulah cara mengisi formulir pajak Google AdSense yang baru, dengan potongan pajak yang kecil. Sekali lagi kami sampaikan bahwa ini adalah pelatihan khusus bagi yang memiliki NPWP saja, yang sedikit berbeda dengan yang tidak menggunakan NPWP.

Google telah menawarkan jangka waktu yang cukup lama yaitu hingga 31 Juni 2021 yang artinya Google tidak terburu-buru meminta Kreator untuk mengisi formulir pajak ini. Jadi, Anda masih punya banyak waktu untuk mendapatkan NPWP di kantor pajak setempat Anda hari ini saya menerima email dari Tim Youtube tentang Perubahan pajak penghasilan YouTube di masa depan”.

Dalam Email, Google diwajibkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memungut pajak Amerika atas pembayaran kepada kreator di luar Amerika Serikat mulai tahun ini (awal Juni 2021).

Baca Juga :  Cara Buat File Di Google Drive

Semua pembuat konten yang menghasilkan uang di YouTube, terlepas dari lokasi mereka di dunia, diwajibkan untuk mengirimkan informasi pajak. Jika Anda tidak mengirimkan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google mungkin diwajibkan untuk memotong total penghasilan global Anda hingga 24%. Oleh karena itu sobat harus segera menyampaikan informasi pajak.

Npwp Google Adsense

4. Setelah Anda masuk, kami akan memasukkan informasi pajak Amerika Anda, silakan pilih jenis akun Anda. Disini saya memilih “Individu”

6. Selanjutnya kita akan masuk ke bagian memilih jenis formulir pajak W-8, silahkan pilih yang paling tinggi yaitu W-8BEN.

8. Pada bagian NPWP Pembayar silahkan isi “NPWP Luar Negeri” dengan nomor NPWP anda, jika belum punya silahkan buat di https://ereg.pajak.go.id/

Cara Mengisi Google Adsense Youtube

11. Setelah itu kita akan masuk ke bagian nomor 3 yaitu tax treaty, silahkan klik “yes” dan centang bagian “residents request a treaty with the United States”

Cara Mengisi Pajak Adsense Atau Tax Information Untuk Potongan Pajak 0% — Sipwriter

12. Sekarang mari kita beralih ke bagian tarif dan ketentuan yang penting. Silakan periksa layanan (AdSense). Dalam bab dan paragraf, silakan pilih “bab 8 paragraf 1”. Sedangkan pada bagian Penurunan tarif pajak, silahkan pilih yang paling rendah yaitu “0% (pengurangan tarif)”.

13. Selanjutnya centang kembali “Film dan TV (YouTube, Google Play)”, lalu pada bagian bab dan paragraf, silahkan pilih “kata 13 paragraf 2”. Sedangkan pada bagian Discount rate, silahkan pilih “10% (discount rate)”.

Selanjutnya cek kembali pada Copyright (YouTube, Google Play), lalu pada bagian chapter dan paragraf silahkan pilih “word 13 paragraph 2”. Sedangkan pada bagian Discount rate, silahkan pilih “10% (discount rate)”. Kemudian klik Berikutnya

14. Setelah semua dokumen terisi, barulah kita bisa melihat preview dari dokumen yang berisi link form 4. Setelah dicek ya teman-teman silahkan cek pada bagian informasi dibawah ini, kemudian klik Next.

Cara Mengirimkan Informasi Pajak Google Adsense Anda Untuk Penghasilan Youtube

15. Selanjutnya kita masuk ke poin 5 yaitu Sertifikasi, silahkan masuk dengan mengisi nama teman anda, lalu klik “ya saya orang yang tercantum di bagian Tanda Tangan, dan saya mengisi formulir ini untuk diri saya sendiri”. Kemudian Klik Berikutnya.

16. Pada Butir 6. Layanan dan layanan yang dilakukan di USA dan Affidavit, silakan klik “Tidak” lalu centang kotak di bawah. Kemudian klik “Saya memberikan informasi pajak untuk Profil pembayaran baru atau yang sudah ada yang belum menerima pembayaran”. Terakhir klik Kirim.

17. Jika informasi pajak Anda disetujui, akan ada pemberitahuan langsung di halaman akun AdSense Anda dan email yang terdaftar di AdSense. Nah, update informasi pajak Google Adsense ini erat kaitannya dengan perubahan regulasi bisnis di Amerika Serikat.

Baca Juga :  Langkah Langkah Mendaftar Kartu Pra Kerja

Cara Mengisi Google Adsense Youtube

Ini memengaruhi semua afiliasi Google di seluruh dunia yang telah menerima dari kolaborasi mereka dengan Google.

Adsense Youtube Kena Pajak As, Begini Penjelasanya Dan Cara Mengisinya

Google sendiri bukanlah perusahaan pertama yang memperbarui kebijakan pajak ini. Perusahaan digital lain telah melakukannya bertahun-tahun yang lalu. Salah satunya adalah Freepik yang berlokasi di Malaga, Spanyol.

Siapa pun yang bekerja sama dengan Adsense dan menerima penghasilan dari kerja sama mereka, termasuk periklanan, menyediakan siaran video, dan kepemilikan hak kerajaan harus melengkapi pernyataan pajak atau pernyataan pajak AS.

Jika ini tidak dilakukan, maka Google berhak menahan pembayaran penghasilan dari penerbit. Itulah kurang lebih penjelasan tentang Kelola Informasi Pajak di Google Adsense.

Google akan mulai mengambil keringanan pajak mulai Juni 2021 untuk setiap pendapatan dari pemirsa Amerika. Batas waktu yang diberikan GOogle untuk lukisan ini sendiri adalah sebelum 31 Mei 2021.

Cara Mengisi Formulir Google Adsense, Dapat Diskon Pajak 0%

Jika Anda tidak menyetujuinya, Google akan menganggap bahwa penerbit adalah penduduk AS dan mengharuskan penerbit untuk menerima pengurangan pajak hingga 24% dari total pendapatan di seluruh dunia.

Pernyataan Google sebenarnya berarti kebijakan pajak ini hanya terkait dengan YouTuber, sedangkan pemilik website dan blog tidak wajib. Namun, banyak ahli menyarankan untuk tetap mengisi informasi pajak, baik untuk YouTuber maupun blogger.

Artinya, siapa pun yang menerima pembayaran dari Google di seluruh dunia wajib menyelesaikannya untuk menghindari risiko pemotongan penghasilan yang tidak diinginkan.

Cara Mengisi Google Adsense Youtube

Salah satu alasannya adalah bahwa Google perlu mengetahui profil Anda untuk menerapkan perlakuan pajak yang tepat sesuai dengan peraturan Amerika. Misalnya, pernyataan ini:

Cara Daftar Gmail Dan Membuat Channel Youtube Sekaligus Daftar Google Adsense Untuk Para Youtuber Pemula

Semua informasi ini akan sangat mempengaruhi pendapatan Anda di masa depan. Jika Anda tidak menyetujui informasi ini, Google tidak akan memiliki cukup informasi untuk mengajukan pengembalian pajak kepada otoritas IRS. Akibatnya, mereka akan mengumpulkan data Anda dan menganggap Anda adalah warga negara AS dan dikenakan pajak domestik.

Selain itu, sebagai warga negara Indonesia, Anda dapat memanfaatkan pengurangan pajak hingga 0% yang merupakan fitur

Cara mengisi adsense youtube, cara mengisi url situs di google adsense, cara mengisi alamat di google adsense, cara mengisi google adsense, cara google adsense youtube, cara mengisi situs di google adsense, cara kaitkan akun youtube ke google adsense, cara mengisi daftar google adsense, cara mengisi adsense, cara mengisi data google adsense, cara mengisi situs url google adsense, cara mengisi url google adsense

Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  Never miss a story from us, get weekly updates in your inbox.

© 2022 Copyright Karsa Nusantara

KarsaNusantara Theme by BungMais.com