Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Cara Membuat Website Html Di Notepad

5 min read

Cara Membuat Website Html Di Notepad – Sebagian besar dari Anda pasti sudah tahu apa itu Notepad, sebuah program yang disediakan oleh Microsoft pada PC dan laptop Anda yang sudah ada dimulai dengan Windows 1.0 pada tahun 1985. Program ini biasanya digunakan sebagai editor teks untuk membuat file teks sederhana. Tapi tahukah Anda bahwa aplikasi Notepad biasa juga dapat digunakan untuk coding, yaitu dengan mengubah ekstensi teks file (.txt) ke ekstensi lain, misalnya (.java). Tujuan penggunaan fungsi ini bervariasi, tetapi sangat berguna bagi mereka yang ingin mulai belajar HTML sederhana.

Salah satu kegunaan notepad adalah untuk membuat file HTML sederhana, meskipun sangat sederhana dan tidak memiliki fitur editor teks yang lebih profesional (seperti Notepad++). Notepad biasa masih bagus untuk mereka yang ingin membuat aplikasi sederhana untuk diri mereka sendiri. . alasan.

Cara Membuat Website Html Di Notepad

Cara Membuat Website Html Di Notepad

Setelah Notepad/TextEdit terbuka, ketik , ketik di bawahnya, ketik di bawahnya lagi, dan terakhir tutupi dengan (INGAT! Sebagian besar tag harus dimulai dengan dan ditutup dengan ). Sekarang coba pergi ke sisi kiri atas Notepad dan klik File -> Save As. Anda akan diperlihatkan ekstensi file “.txt”, ubah menjadi nama file yang diakhiri dengan “.htm” atau “.html” (Contoh = “myweb.html”) pastikan berada di bawahnya. Berubah dari “Dokumen Teks” menjadi “Semua File”. Bagian penyandian diubah menjadi ANSI atau UTF-8. Klik Simpan dan file (pastikan Anda tidak menutup Notepad). File akan membawa Anda ke browser default Anda. Karena kami belum menambahkan konten apa pun, tampilan hanya akan menampilkan halaman kosong. Contoh kode html yang mirip dengan ini:

Cara Membuat Web Dengan Html Bagi Pemula

Nah, setelah menutup kalimat dengan mengetik

, coba ketikkan

diikuti dengan kalimat yang ingin ditambahkan, misalnya “My First Web”. Jadi,

Web Pertama Saya

Cukup buka File -> Simpan. refresh halaman web Anda dan halaman tersebut akan menampilkan kalimat My First Web yang besar. Panjang umur! Anda baru saja membuat tajuk situs web yang paling sederhana.

Sekarang di bawah “

Web Pertama Saya

“. Tulis

diikuti dengan kalimat Anda sendiri, buat lebih panjang dari kalimat sebelumnya dan diakhiri dengan

. Sehingga

Coba simpan file dan segarkan halaman web Anda. Sekarang kalimat yang Anda tulis sebelumnya akan lebih kecil dari kalimat judul. Tag

sering digunakan untuk menulis paragraf untuk situs web. Contoh kode html

Cara Membuat Game Sederhana Dengan Html

Masih di antara dan , kita juga bisa menambahkan variasi unik pada website, seperti mengubah warna background atau menambahkan gambar.

Untuk warna background, jika ingin diubah menjadi biru, ketik saja . Sekarang warna background anda akan menjadi biru, untuk mengubahnya menjadi warna lain ubah kalimat “biru” menjadi nama warna atau kode warna yang anda inginkan.

Untuk menambahkan gambar. Pertama, salin gambar yang diinginkan ke folder yang sama dengan file HTML Anda. Jika nama file gambar/foto Anda sulit diketik, ubah ke yang lebih sederhana. Setelah itu ketik (sesuai dengan jenis file gambar Anda, ubah menjadi “.png” jika file tersebut PNG). Gambar/gambar Anda akan muncul di halaman web Anda (gambar dapat diubah ukurannya dengan menambahkan width=””, height=”” sebelum ikon tutup >). Contoh kode html:

Cara Membuat Website Html Di Notepad

Hebat, bukan? Meskipun perangkat lunak yang digunakan dan hasilnya tidak pada tingkat pengkodean situs web profesional, menggunakan program editor teks biasa yang berdiri sendiri dapat digunakan untuk pembuatan web amatir. Notepad bisa menjadi alat yang hebat bagi mereka yang ingin mulai belajar coding.

Cara Untuk Memasang Warna Latar Belakang Html

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online. Pengalaman Bersertifikat, plus Pelatihan!

Situs web menggunakan cookie di browser Anda untuk menyimpan analitik dan sesi login Anda. Dengan mengakses situs web ini, Anda menyetujui Kebijakan Privasi serta Syarat dan Ketentuan. Layout adalah susunan atau kerangka tampilan sebuah website, dalam perkembangannya layout website menjadi dasar dari tampilan website tersebut. Sangat penting untuk diperhatikan dalam proses produksi, apalagi jika Anda seorang web developer atau web designer, hal ini tidak akan pernah lepas dari pekerjaan Anda.

Untuk melakukan hal tersebut pertama-tama kita perlu mendesain framework pada layout website yang akan kita buat menggunakan HTML dan CSS, bagi yang belum mengerti HTML dan CSS, baca dulu artikel ini. Pelajari Cara Menggunakan CSS Dasar untuk Web. Rancang dan pelajari HTML dasar.

Karena tujuan saya membuat artikel ini adalah sebagai sarana pembelajaran, maka kami hanya akan membuat layout website yang sederhana agar anda lebih mudah memahami struktur layout dalam proses produksinya.

Html Css Guides

Silakan lihat gambar di atas, ini adalah contoh layar web sederhana dengan html dan css. Ada penjelasan bahwa layout atau struktur desain presentasi sangat sederhana karena hanya terdiri dari Header, Navbar, Content, Sidebar, Footer.

Bagi yang ingin belajar cara membuat layout web sederhana dengan html dan css, tidak perlu khawatir karena saya sudah membuatkan contoh coding html dan css sederhana agar mudah dipahami.

1. Pertama anda perlu menyiapkan program editor teks seperti Notepad, Notepad++ atau bisa juga Adobe Dreamweaver.

Cara Membuat Website Html Di Notepad

3. Setelah menyiapkan kode html, langkah selanjutnya adalah menatanya menggunakan kode CSS seperti di bawah ini pada tag.

Aplikasi Yang Digunakan Dalam Pembuatan Website

4. Jika semua kode sudah siap, silahkan simpan kode dengan ekstensi .html dan jalankan di browser Anda, hasilnya akan seperti gambar di atas.

Baca Juga : Cara Mendesain Tabel Web Menggunakan CSS Memahami Fungsi Selector, Properties dan Values ​​pada CSS Memahami Atribut Class dan Id pada HTML Jenis-Jenis Tag HTML beserta Fungsinya dan Contohnya

Setelah Anda dapat membuat dan memahami tata letak pada sebuah situs web, saya yakin Anda dapat membuatnya sebagus atau lebih baik jika Anda terus belajar.

Untuk pembahasan selanjutnya, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat tampilan layar Anda menjadi responsif, artinya Anda dapat mengatur ukuran layar dengan benar sehingga terbuka di semua jenis perangkat. HTML adalah markup yang merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. Bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web yang menampilkan berbagai informasi di browser web Internet, dan format hypertext sederhana yang ditulis dalam file format ASCII untuk membuat tampilan terintegrasi. Awalnya bahasa yang banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah standar yang banyak digunakan untuk menampilkan halaman web.

Membuat Website Biodata Pribadi Menggunakan Html Dan Css Part 1

HTML memungkinkan Anda untuk mengedit tampilan atau format file yang akan dikirim secara online. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatur format file:

Untuk mempelajari cara membuat HTML, Anda memerlukan 2 aplikasi, yaitu editor HTML dan browser web. Untuk HTML Editor, Anda dapat menggunakan yang paling mudah dan mungkin sudah digunakan di komputer Anda, yaitu Notepad. Sedangkan untuk browser, silakan gunakan Internet Explorer atau Mozilla Firefox yang sudah ada di komputer Anda.

Jadi sekarang kita bisa langsung belajar cara membuat HTML dari yang paling dasar. Kami akan menggunakan Notepad untuk menulis kode atau tag HTML. Walaupun hanya sebuah web browser, atau biasa disebut “browser”, kita akan menggunakannya untuk melihat hasil dari halaman HTML yang telah kita buat. Langsung saja praktekkan cara membuat HTML dasar. Mari ikuti langkah-langkah untuk menghasilkan HTML:

Cara Membuat Website Html Di Notepad

Anda dapat melihat hasil coding yang ditulis di notepad dengan mencari file yang disimpan dan klik dua kali pada file tersebut dan hasilnya akan muncul.

Cara Membuat Website Profil Biodata (cv) Pribadi Dengan Menggunakan Html Gratis

: Ini adalah pengkodean di atas untuk teks yang dapat digulir dari kanan ke kiri, bentuk, font, dan kalimat tertulis yang dapat disesuaikan

: Ini adalah pengkodean di atas untuk teks yang dapat bergerak dari kanan ke kiri, bentuk, font dan kalimat tertulis dapat sesuai dengan keinginan mereka Setelah web browser berhasil diinstal, program editor teks kita perlu membuat HTML kode. Dalam tutorial HTML ini, kita akan membahas bagaimana memilih editor teks yang tepat, termasuk Notepad++ dan Komodo Edit.

Memilih perangkat lunak editor HTML tidak terlalu sulit. Aplikasi HTML editor digunakan untuk memudahkan kita dalam membuat kode HTML. HTML sendiri pada dasarnya adalah teks biasa yang ditulis dengan kode-kode khusus. Sebuah web browser akan menerjemahkan kode HTML ini untuk menampilkan halaman web.

Kita tidak perlu menggunakan program besar dan berat untuk membuat kode HTML atau halaman web sederhana. Notepad bawaan Windows sebenarnya cukup untuk membuat kode HTML. Namun, saya akan menggunakan Notepad++ untuk tutorial HTML ini.

Membuat Halaman Web Sederhana Dengan Html Dan Css Lengkap Dan Mudah

Notepad++ dapat diunduh secara gratis dari http://notepad-plus-plus.org/download/ dimana pada saat tutorial ini diupdate pada bulan September 2017, versi terbaru adalah 7.5.1, berukuran sekitar 2.8 MB. Notepad++ adalah editor teks gratis yang ringan namun kaya fitur. Salah satunya adalah fitur pewarnaan kode (

Salah satu alasan saya menggunakan editor teks Notepad++ adalah karena ringan dan ukurannya kecil. Tapi jarang ada yang keberatan kenapa terlihat ‘jadul’.

Atau, Anda dapat mencoba Komodo Edit. Editor teks ini juga tersedia gratis dari http://komodoide.com/komodo-edit/. Saat saya merevisi artikel ini, versi terbarunya adalah 10.2.3, berukuran sekitar 75 MB.

Cara Membuat Website Html Di Notepad

Komodo Edit adalah versi ringan dari versi berbayar Komodo IDE (juga dikembangkan oleh perusahaan yang sama). Saat membuka halaman di atas, pastikan Anda memilih tombol “Download Komodo Editor” dan bukan tombol “Try Komodo IDE”.

Html Menggunakan Notepad

Adobe Dreamweaver adalah perangkat lunak editor web paling populer. Dreamweaver menyediakan fitur yang kaya untuk membuat halaman web hanya dengan kode HTML. Dreamwever adalah editor teks tidak hanya untuk HTML, tetapi juga untuk berbagai bahasa pemrograman web.

Terlepas dari kelebihannya, menurut saya Dreamweaver tidak cocok untuk proses pembelajaran. Software ini cenderung “berat” dan berharga jutaan rupiah untuk versi legalnya.

Sekarang, Dreamweaver hanya tersedia dengan berlangganan bulanan sekitar

Cara membuat html dengan notepad, cara membuat web html keren dengan notepad, cara membuat website dengan html di notepad, cara membuat website di notepad, cara membuat html di notepad, cara membuat website html dengan notepad, cara membuat website dengan notepad, cara buat html di notepad, membuat website html dengan notepad, belajar html di notepad, cara membuat website di html, cara membuat website html menggunakan notepad

Baca Juga :  Cara Memasukan Akun Play Store
Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  Never miss a story from us, get weekly updates in your inbox.

© 2022 Copyright Karsa Nusantara

KarsaNusantara Theme by BungMais.com