Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Di Xampp

5 min read

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Di Xampp – Mempelajari cara membuat situs web bisa menjadi sesuatu yang ingin Anda lakukan dan itu bisa sangat menyenangkan. Nah, kali ini kita akan membahasnya. Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara membuat website sederhana menggunakan CMS WordPress. Apakah Anda sudah tahu apa itu CMS? Jika Anda belum membaca artikel ini terlebih dahulu: penjelasan lengkap tentang CMS.

Kami akan membuat website dengan CMS wordpress di Localhost, kali ini sistem operasinya menggunakan Windows. Tentu saja, jika Anda menggunakan windows sebagai localhost, kami menggunakan aplikasi XAMPP sebagai aplikasi localhost.

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Di Xampp

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Di Xampp

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas cara membuat database menggunakan PhpMyAdmin di XAMPP. Nah, artikel ini sangat berkaitan dengan pembuatan website menggunakan CMS. Karena website yang akan kita buat dengan menggunakan CMS dengan database akan dapat berjalan dengan baik, baik dalam proses instalasi maupun kedepannya dalam proses pengelolaan website. Nah, berikut ini adalah tutorial cara membuat website menggunakan CMS WordPress di localhost (windows).

Panduan Cara Install WordPress Di Localhost Secara Offline

2. Kemudian buat database terlebih dahulu. Jika Anda tidak tahu caranya, baca artikel ini Cara membuat database dengan XAMPP

3. Setelah membuat database, pertama sediakan CMS WordPress. Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi WordPress, yaitu wordpress.org

4. Setelah itu, ekstrak dulu CMS yang kamu download (biasanya berupa file terkompresi) ke folder baru, dan copy file tersebut ke folder htdocs di bawahnya. .

Di sini saya mengekstrak file wordpress saya ke folder yang saya beri nama “wordpress” dan kemudian menyalin file ke C:xampphtdocs

Cara Membuat Website Dengan WordPress Di Localhost (windows)

5. Buka browser di komputer/laptop Anda dan ketik localhost/wordpress di url bar. Ganti wordpress sesuai folder yang Anda buat tadi untuk file CMS WordPress.

6. Kemudian pada layar yang muncul, Anda akan diberikan informasi tentang hal-hal yang perlu disediakan untuk menginstal wordpress, yaitu nama database, username database, password database dan host database. Nah, semua itu sudah tersedia pada saat pembuatan database. Jadi klik Let’s Go!

7. Ayo pergi! setelah mengklik, kita akan diminta untuk mengisi data tentang database. Lihatlah gambar di bawah ini.

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Di Xampp

Database name : isi dengan nama database yang anda buat (saya sudah membuat database sebelumnya dengan nama wordpress).

Install WordPress Tag Archives

Username dan Password : Isikan username dan password yang Anda buat untuk database yang Anda gunakan, atau Anda bisa secara otomatis menggunakan user yang ada (secara default, ada username dan password default untuk semua database yang dibuat di PhpMyAdmin, ini adalah username ” root.” dengan kata sandi “kosong”).

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Teknik Cetak

8. Setelah mengisi data tentang database, berarti kita sudah siap untuk memulai proses instalasi. Klik Jalankan instalasi pada tahap ini.

9. Selanjutnya kita akan datang untuk mengisi data tentang situs yang akan kita buat. Lihatlah gambar di bawah ini.

Password : isikan password (baru) yang akan anda gunakan untuk username website yang akan dibuat. (Centang gunakan kata sandi yang lemah jika Anda ingin menggunakan kata sandi yang pendek).

Cara Install WordPress Di Localhost Menggunakan Xampp

10. Setelah itu akan berlangsung proses install website dengan WordPress, dan jika sudah selesai akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Klik di sini untuk masuk ke halaman login dashboard website Anda.

11. Sebelum masuk ke panel website yang dibuat, kita akan diminta untuk memasukkan username dan password. Masukkan nama pengguna/email dan kata sandi situs web yang Anda buat sebelumnya dan klik login.

12. Beginilah tampilan dashboard website Anda. Di sana, Anda dapat melakukan semua pengelolaan yang terkait dengan situs web yang telah Anda buat, seperti mengedit tampilan, membuat publikasi, dan lainnya.

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Di Xampp

13. Jika Anda ingin melihat tampilan situs web Anda, klik nama situs web Anda dan pilih kunjungi situs. Maka akan muncul halaman beranda website Anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Install WordPress Di Xampp Dalam 3 Langkah Mudah

Dengan demikian, pembuatan website menggunakan wordpress di localhost sudah selesai. Anda dapat mengembangkan situs web yang dibuat dengan mengelolanya di dasbor! Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mudah dipahami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya Halo teman-teman kali ini saya akan rutin mempublikasikan cara mudah membuat Website Toko Online menggunakan WordPress. Pertama, ketahuilah bahwa WordPress merupakan aplikasi open source yang digunakan sebagai blog (blog engine) yang sangat populer. WordPress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Meskipun WordPress dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, tetapi juga dilengkapi dengan CMS (Content Management System), yang berarti kita dapat dengan mudah menggunakannya tanpa harus mahir dalam bahasa pemrograman.

Untuk membuat Website Toko Online ini perlu di share di postingan, karena akan berlebihan jika dijelaskan step by step dalam sebuah postingan. Langkah awal membuat website dengan WordPress adalah:

XAMPP adalah server lokal yang dapat kita gunakan di laptop atau komputer kita karena pada dasarnya adalah latihan, jadi pertama-tama kita perlu menyediakan server lokal untuk dapat mempublikasikan secara online.

Baca Juga :  Membuat Blog Pribadi Gratis

Membuat Website Gratis & Bisnis WordPress

1. Perlu mendownload XAMPP dan WordPress terlebih dahulu. Untuk mengunduh klik ini untuk XAMPP dan ini untuk WordPress. Instal XAMPP di laptop atau PC Anda terlebih dahulu.

3. Ekstrak file WordPress yang Anda download, dan pindahkan file tersebut ke Local C:/xampp/localhost/wordpress. Sobat bisa rename file WordPressnya dengan nama apapun yang sobat inginkan, misalnya saya rename menjadi sekaawan-id.

4. Untuk mulai menginstal WordPress, pilih browser dan ketik searchlocalhost/sekawan-id (nama file wordpress yang saya ubah) jika belum diubah ketik localhost/wordpress. Layar awal instalasi akan disajikan pilihan bahasa yang akan digunakan, saya memilih bahasa Indonesia.

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Di Xampp

4. Selanjutnya adalah setting database, sebelumnya kita perlu membuat database di phpMySQL. Dalam contoh ini saya telah membuat nama database sebagai grup. Setelah membuat database dengan nama Sekaawan, silahkan isi form yang diberikan yaitu: nama database: sekaawan, username: root, password: ……, database host: localhost, table: wp-

Panduan Lengkap Menggunakan Xampp Untuk Hosting Lokal

5. Kemudian akan ditampilkan dan informasi website wordpress yang dibutuhkan akan terisi. Seperti: Judul Situs, Nama Pengguna, Kata Sandi dan Email. Ini adalah tahap akhir dari instalasi.

6. Untuk menampilkan website wordpress yang terinstall, ketik: Localhost/sekawan-id. Sedangkan untuk menampilkan panel admin ketik: Localhost/sekawan-id/wp-admin.

Cukup sekian Cara membuat website toko online di wordpress part 1, selanjutnya adalah cara membuat halaman dan menu wordpress Tutorial Zone – Halo sobat blogger, sukses selalu untuk kita semua, saat ini di era teknologi digital. itu mengharuskan kita untuk mengikuti dinamika perubahan ini, dari manual ke otomatis penuh, dari tradisional ke sistem terintegrasi yang kompleks, dari lama ke cepat dan seterusnya. Seperti halnya sistem informasi berbasis web, kebanyakan orang saat ini meninggalkan budaya lama mereka, seperti membaca koran dan membaca literatur di perpustakaan. meskipun masih ada namun tidak sebanyak pada masanya. Bahkan, saat ini sebuah sistem bernama website/blog telah menggantikan Google Engine sebagai forum mesin pencari yang mengelola berbagai situsnya.

Berbicara tentang website, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membangun sebuah situs, baik itu situs pribadi maupun perusahaan, juga portal berita dan lain sebagainya. tapi pertanyaannya adalah bisakah kita membuat website tanpa pemahaman yang baik tentang pemrograman atau coding? Jawabannya tentu sangat mungkin, walaupun pada masa-masa awal pembuatan website kita harus bekerja keras untuk membangun sebuah website coding, namun dengan berkembangnya teknologi dan rekayasa perangkat lunak, hal tersebut dapat dengan mudah didapatkan. . karena tujuan dari penciptaan teknologi itu sendiri adalah kenyamanan, kecepatan dan efisiensi.

Membuat Website Di WordPress

Mungkin sebagian dari Anda bingung bagaimana cara membuat website sendiri yang mudah dan tidak menggunakan coding serta bisa dibangun dalam hitungan menit? Tenang sobat, karena Tutorial Zone kali ini akan membagikan tutorial cara membuat website sederhana menggunakan CMS WordPress dengan server lokal atau localhost bisa juga menggunakan XAMPP WAMPP. Mengapa memilih menggunakan WordPress? Tidak ada Joomla, Drupal atau CMS lainnya? Karena WordPress adalah aplikasi open source (sumber terbuka) yang paling banyak digunakan sebagai mesin blogging, WordPress dibangun sebagai bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. WordPress sendiri banyak digunakan oleh semua orang mulai dari pemula yang cenderung mengkustomisasi template mereka hingga pengembang website profesional.

Baca Juga :  Cara Dapat Uang Dari Youtube Adsense

Selain untuk tujuan membangun website secara online, membangun website secara offline juga sangat berguna untuk pengujian dan eksperimen bersama teman-teman, jika anda ingin membuat konsep situs, mendesain template wordpress dan sebelum website WordPress anda. Dipublikasikan secara online melalui hosting. . Anda juga dapat mempelajari cara mengembangkan template, menyesuaikan tema, dan mencoba plugin yang tepat untuk percobaan pertama Anda. Mari kita lihat cara install CMS WordPress 4.9.1 Localhost di XAMPP.

Adapun yang perlu anda persiapkan dalam tutorial ini adalah 2 software berikut ini, jika anda belum mendownloadnya dari link dibawah ini, pada tutorial ini saya menggunakan CMS WordPress versi 4.9.1, mungkin anda bisa mendapatkan versi yang lebih baru. tautan wordpress di bawah ini:

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Di Xampp

Buka browser dan masuk ke database Anda http://localhost/phpmyadmin dan kemudian buat database untuk situs web, beri nama apa pun yang Anda inginkan, misalnya saya beri nama database “db_zonatutorial” untuk tutorial ini. dan klik buat / jika sudah dibuat.

Cara Membuat Website Dengan Cms WordPress Dari Nol

Setelah membuat database, extract wordpress as rar ke htdocs, jika foldernya di rename sesuai dengan website yang akan anda buat, pada contoh ini saya beri nama “zone tutorial”.

Klik Go, maka akan muncul form seperti ini. dan diisi secara default. Klik gambar untuk memperbesar.

Ganti nama database dengan nama DB yang telah dibuat sebelumnya di MySQL. Ubah nama pengguna: root dan biarkan kata sandi kosong “Jika Anda tidak memiliki MySQL”

Membuat website dengan wordpress, cara membuat website wordpress, membuat website di wordpress, membuat website dengan cms wordpress, cara membuat website dengan wordpress, membuat website wordpress dengan xampp, membuat website dengan cms, cara membuat website dengan cms wordpress, cara membuat website toko online dengan wordpress, cara membuat website dengan xampp dan wordpress, cara membuat website cms wordpress, cara membuat website wordpress di xampp

Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  Never miss a story from us, get weekly updates in your inbox.

© 2022 Copyright Karsa Nusantara

KarsaNusantara Theme by BungMais.com