Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi

5 min read

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi – Sungguh mengkhawatirkan melihat update informasi wabah Corona yang berkembang pesat. Dampak yang dihasilkan merambah beberapa sektor, termasuk ekonomi dan industri.

Tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar. Akibatnya, berbagai perusahaan memutuskan untuk memberhentikan karyawannya, bahkan ada yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi

Situasi ini tentu menjadi pukulan berat, bahkan ada yang mengalami frustasi. Wajar saja, karena tiba-tiba Anda harus kehilangan sumber penghasilan. Sementara itu, ia memiliki keluarga yang harus dinafkahi di rumah.

Perkembangan Perdagangan Internasional Indonesia Selama Masa Pandemi Covid 19 & Hubungannya Dengan Wto

Belum diketahui secara pasti kapan wabah virus corona akan berakhir. Seharusnya, untuk menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil, Anda harus memiliki ide dan mencari penghasilan lain yang setidaknya bisa dibuat dari rumah.

Bisnis rumahan adalah peluang yang bisa dimanfaatkan. Secara umum, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, selain lebih fleksibel. Untuk memulai peluang bisnis rumahan di masa pandemi saat ini, yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan bakat dan minat untuk melakukan sesuatu yang diinginkan atau dibutuhkan oleh orang lain.

Memanfaatkan kemajuan teknologi, bisnis online digandrungi bahkan sebelum merebaknya pandemi. Ide bisnis online ini sangat fleksibel dan fleksibel, Anda hanya perlu menggunakan internet dan laptop atau smartphone.

Apalagi di tengah pembatasan sosial seperti sekarang ini, dimana masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, yang justru meningkatkan penggunaan internet – termasuk untuk berbelanja. Menjalankan bisnis online bisa dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan warung e-commerce yang semakin banyak tersedia, atau bisa juga dengan membuat toko online melalui website pribadi, bahkan menggunakan media sosial.

Empat Pesan Sekretaris Bph Itbm Untuk Menjadi Mahasiswa Pemenang Di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini, masker menjadi barang wajib yang harus dipakai, apalagi saat harus bekerja di luar rumah. Fenomena ini membuat masker medis menjadi barang yang cukup langka – apalagi saat terjadi kelangkaan, bahkan jika harganya cukup mahal. Hingga saat itu, ada imbauan bahwa masker medis ditujukan bagi para pejuang garda terdepan dalam menangani pasien Covid dan masyarakat untuk menggunakan masker kain sebagai alternatif.

Dan ini bisa menjadi peluang bisnis bagi mereka yang memiliki keterampilan menjahit. Menjalankan bisnis masker kain bisa sangat menguntungkan untuk dijalankan.

Salah satu bisnis yang menjanjikan adalah menjual makanan. Ini jelas merupakan peluang bisnis yang baik bagi mereka yang memiliki keterampilan memasak yang baik dengan menjalankan bisnis katering sehari-hari.

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi

Merebaknya virus corona membuat sebagian orang mulai khawatir untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan menjaga pola makan dan makan yang lebih sehat. Anda bisa melalui catering yang menawarkan menu sehat dan bergizi seimbang.

Ekonomi Indonesia Di Tengah Pandemi Covid 19

Selama masa pandemi, aktivitas di luar rumah dibatasi dan sebisa mungkin tidak ke mana-mana kecuali untuk hal-hal yang begitu mendesak. Dan hal ini justru membuat seseorang lebih sering menyimpan makanan sehingga intensitas keluar rumah bisa berkurang. Apalagi bagi orang yang tidak pandai memasak, sehingga sering membuat makanan yang biasanya sederhana dan mudah, seperti makanan beku misalnya.

Baca Juga :  Ide Bisnis Modal 50 Ribu

Nah, ini juga bisa menjadi peluang bisnis. Menjalankan bisnis makanan beku tidak terlalu sulit. Paling tidak, yang harus disiapkan adalah freezer dan berbagai persediaan makanan beku.

Pernahkah Anda mendengar istilah “hiburan adalah hobi berbayar”? Jadi, jika Anda memiliki hobi menulis, Anda bisa memanfaatkannya dengan menjadi penulis lepas atau penulis konten.

Manfaatkan kesempatan dengan menulis cerita pendek dan menjualnya, atau mempostingnya di blog pribadi. Bekerja sebagai editor di perusahaan penerbitan atau outlet media online juga bisa menjadi pilihan.

Cara Menyikapi Perkembangan Teknologi Demi Kemajuan Bisnis

Yang paling penting adalah menemukan fokus dan gairah dalam tulisan Anda. Setelah itu, perdalam ilmunya, misalnya dengan memperdalam pemahaman tentang search engine optimization (SEO) dan menerapkannya untuk meningkatkan nilai jual dengan harga yang wajar.

Inilah beberapa peluang bisnis rumahan yang patut dicoba untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah di tengah pandemi corona. Tetap semangat untuk mencari peluang bisnis dan jangan lupa untuk membeli produk Asuransi Bisnis A+ untuk melindungi bisnis Anda dari segala kecelakaan dan kerugian finansial di kemudian hari. Kamu juga berkesempatan memenangkan Giveaway dengan total hadiah hingga Rp. 1 juta dengan usaha A+ lho! Aplikasi online Made in Jogja menggabungkan pemesanan kendaraan dan pariwisata. 28 April 2020 luncurkan kopi herbal, Otten Coffee dibagikan gratis kepada tenaga medis 28 April 2020

Jakarta (ANTARA) – Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, tidak hanya menjadi ancaman tetapi juga memberikan peluang bagi sejumlah sektor usaha.

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi

Salah satu peluang besar di era pandemi ini adalah sektor bisnis yang berhubungan dengan online atau online dan teknologi informasi atau dikenal juga dengan istilah IT.

Tips Membangun Bisnis Plan Yang Efektif Di Masa Pandemi

Pengamat Komunikasi Kebijakan dan Strategis dari Daegu University, Korea Selatan, Prof. Gil H. Park memperkirakan kegiatan ekonomi berbasis teknologi informasi atau kegiatan ekonomi online akan lebih berperan dalam kondisi pasca COVID-19.

Menurutnya, pandemi ini bukan hanya ancaman, tetapi peluang bagi sektor jasa untuk beradaptasi dan bertransformasi menjadi sektor ekonomi, dan Pemerintah harus lebih banyak membantu kegiatan bisnis dan ekonomi berbasis teknologi informasi.

Hal ini perlu dilakukan mengingat kegiatan ekonomi berbasis teknologi informasi atau kegiatan ekonomi online akan memainkan peran yang lebih penting di masa depan.

Pendapat serupa datang dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, yang mengatakan bahwa bisnis online, khususnya yang berada di Korea Selatan, akan tumbuh subur atau meningkat.

Baca Juga :  Ide Dagang Rumahan

Dies Natalis Feb Ke 62, Jawaban Ekonomi Dan Bisnis Pasca Pandemi Serta Akselerasi Pemulihan

Lantas, bisnis online mana yang akan akselerasi dan faktor pendukung pertumbuhan bisnis yang diharapkan semakin besar pasca pandemi Covid-19?

Banyaknya sektor dalam bisnis online membuat para pelaku usaha yang ingin berinvestasi perlu menebak-nebak bisnis online mana yang menguntungkan di era COVID-19.

Pengusaha sekaligus pendiri platform startup Bahaso, Tjovan Ari Vidagdo menilai ada beberapa sektor bisnis startup yang berpeluang populer dan menguntungkan di era pandemi saat ini, seperti e-commerce, pendidikan dan kesehatan.

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi

Menurut Tjovan, sektor bisnis startup justru karena pandemi ini mengalami peningkatan bisnis yang signifikan dimana platform kesehatan online seperti Holodoc menjadi populer karena membantu masyarakat yang hanya ingin berkonsultasi dan mendiagnosis kesehatan online.

Peluang Bisnis Modal Kecil Di Era New Normal

Bisnis e-commerce juga menjadi kebutuhan besar masyarakat dalam bertransaksi di masa pandemi ini, mengingat masyarakat takut membeli secara langsung, sehingga pembelian beberapa kebutuhan dilakukan secara online melalui platform e-commerce.

Selain platform e-commerce bisnis nasional yang sudah mapan, platform e-commerce lokal juga bermunculan, terutama untuk memenuhi kebutuhan dasar. Anak muda di beberapa kota membuat platform e-commerce lokal untuk membantu proses pembelian barang dari konsumen di marketplace.

Berikutnya adalah bisnis startup dengan Collaboration Tools, seperti aplikasi Zoom dan GotoMeeting yang menjadi populer di era pandemi COVID-19. Peluang di sektor ini dimanfaatkan oleh perusahaan asing mengingat di Indonesia sendiri masih sedikit atau tidak ada pelaku yang memanfaatkan peluang di bisnis startup dengan Collaboration Tools.

Selain itu, sektor pertanian seperti platform TaniHub juga menjadi populer dan kemudian bisnis startup lainnya yang mulai berfungsi di era Covid-19 adalah sektor teknologi pendidikan atau edutech seperti Ruangguru, Zenius.

Strategi Pemasaran Umkm Untuk Bertahan Dan Berkembang Di Masa Pandemi Covid 19 (studi Di Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri)

Tjovan mengatakan, saat ini siswa tidak bisa belajar di sekolah karena adanya pandemi, sehingga mereka belajar secara online di rumah masing-masing.

Popularitas sektor edutech tidak akan berhenti di era pandemi, mengingat bisnis di industri ini akan terus berkembang dalam situasi pandemi dimana masyarakat dipaksa untuk berinteraksi dengan teknologi.

Salah satu faktor yang membuat bisnis online sukses di era pandemi adalah aktivitas bekerja, belajar dan beribadah dari rumah atau yang dikenal dengan work from home (WFH) yang dilakukan setiap orang untuk menghindari penularan.

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi

Senior Director of Office Services (Property Consultancy) Colliers International Indonesia, Bagus Adikusumo memperkirakan model kerja dari rumah akan semakin umum karena diterapkan oleh sejumlah kantor perusahaan akibat dampak COVID-19, dan diharapkan untuk melanjutkan pasca-pandemi.

Tips Bisnis Lokal Sukses Di Masa Pandemi

Menurutnya, jika WFH ini berlangsung cukup lama akibat penyebaran pandemi yang berkepanjangan, maka akan menjadi protokol yang diterapkan perusahaan terhadap karyawannya.

Baca Juga :  Ide Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan

Tidak menutup kemungkinan ke depan WFH akan menjadi model bisnis yang menarik untuk dilanjutkan, sehingga akan ada berbagai penyesuaian model operasi perusahaan.

Hal senada disampaikan Asisten Peneliti Ekonomi Indef, Muhammad Zulfikar Rahmat, yang meyakini jika dilihat dari sisi positifnya, pandemi COVID-19 telah mengajarkan semua pihak bagaimana melakukan aktivitas secara online.

Menurutnya, kini semua orang bisa belajar dan mengetahui bagaimana sistem kerja, pendidikan dan banyak aktivitas bisnis yang bisa dilakukan secara online, termasuk aktivitas dari rumah.

Bantu Umkm, Mahasiswa Kkn Melakukan Sosialisasi Mengenai Kewirausahaan Di Masa Pandemi

Kedepannya, akan banyak masyarakat baik di Indonesia maupun dunia yang bekerja dan beraktivitas secara online, karena pandemi COVID-19 telah membuka wawasan bahwa beberapa aktivitas, termasuk bisnis, dapat diaktifkan melalui digitalisasi.

Faktor lain yang perlu diperhatikan terkait pesatnya pertumbuhan bisnis online adalah pandemi penyakit mematikan ini telah berhasil memaksa para pelaku bisnis tradisional seperti UKM, pasar tradisional dan bisnis makanan dan minuman bertransformasi menjadi bisnis online kerajaan.

Pengamat Indef Andrey Satrio menilai pandemi itu sendiri telah berhasil mempercepat bahkan memaksa transformasi bisnis khususnya makanan dan minuman serta aktivitas jual belinya dari tradisional ke online atau online melalui prinsip digitalisasi.

Bisnis Yang Berkembang Di Masa Pandemi

Menurut Andri, saat ini semua pihak dipaksa bekerja secara online dan menerapkan prinsip digitalisasi, jika tidak maka aktivitas ekonomi dan bisnis akan mati.

Strategi Bisnis Pelaku Umkm Di Tengah Pandemi Covid 19

Contoh nyata, bagaimana pasar tradisional saat ini mau tidak mau harus dapat menerapkan prinsip pengiriman barang setelah menerima pesanan melalui Internet atau telepon, jika tidak mereka dapat kalah dari pesaing lain.

Saat ini semua aktivitas jual beli dilakukan secara online dan menerapkan prinsip delivery khususnya untuk sektor restoran, dan bisnis makanan dan minuman dipaksa untuk menjalankan bisnis dimana pemesanan dapat dilakukan secara online.

Transformasi dulu tidak secepat sekarang setelah munculnya pandemi COVID-19. Supermarket kini dapat melayani pesanan melalui aplikasi media sosial seperti Whatsapp. Perekonomian dunia diprediksi akan mencapai titik terendahnya tahun ini akibat pandemi yang masih berlangsung. Laju perekonomian Indonesia juga diperkirakan bergerak sangat lambat akibat pandemi COVID-19. Kementerian Keuangan telah menyiapkan dua skenario terkait dampak pandemi ini, dengan skenario sulit pertumbuhan ekonomi hanya mencapai

Perusahaan yang berkembang di masa pandemi, bisnis yang menguntungkan di masa pandemi, bisnis yang berkembang saat pandemi, bisnis di masa pandemi, bisnis yang cocok di masa pandemi, bisnis apa yang cocok di masa pandemi, bisnis yang bagus di masa pandemi, bisnis yang menjanjikan di masa pandemi, usaha yang berkembang di masa pandemi, bisnis yang booming di masa pandemi, bisnis yang laris di masa pandemi, bisnis yang survive di masa pandemi

Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  Never miss a story from us, get weekly updates in your inbox.

© 2022 Copyright Karsa Nusantara

KarsaNusantara Theme by BungMais.com