Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya

5 min read

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya – Saya Freddie Ferdinand dan saya adalah mitra dan salah satu pendiri. Saya memiliki pengalaman dalam pemasaran digital dari 2015 hingga 2021.

Melalui artikel ini, saya akan belajar sendiri apa itu digital marketing di artikel ini. Karena banyak yang bertanya apa itu digital marketing, saya butuh 1 konten yang bisa menjelaskan luasnya digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya

Artikel ini menonjol dari artikel lain yang ditulis oleh penulis konten di situs web lain. Karena saya telah mengedit dan mengontrol kualitas artikel ini sendiri sehingga Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pemasaran digital yang dapat mengembangkan bisnis Anda secara signifikan dari 6 tahun pengalaman saya.

Profesi Digital Marketing

Tim saya dan saya telah menghabiskan lebih dari satu juta dolar untuk iklan, membuat ribuan konten untuk dipasarkan ke ribuan influencer, dan itu pasti berlipat ganda.

Perusahaan kami dipilih oleh Facebook untuk memenangkan peringkat ke-2 Asosiasi Facebook Messenger di Indonesia pada kuartal ke-4 tahun 2020.

Perusahaan saya memenangkan penghargaan karena membantu 3 mitra mencapai $1 juta ($14 miliar+) dan $10 juta ($140 miliar+) dalam penjualan dengan teknik pemasaran digital.

Tetapi Anda harus tahu bahwa saya memulai karir pemasaran digital saya pada tahun 2015 hanya sebagai pekerja magang yang kasar dan tidak berpengalaman tanpa pengalaman pemasaran digital. Sekarang pengalaman pemasaran digital saya telah bekerja di berbagai industri, mulai dari tenaga penjualan hingga membantu pemilik merek:

Apa Itu Digital Marketing

Saya berharap dapat menjelaskan kepada Anda pemasaran digital yang telah mengubah hidup saya dan saya yakin itu juga dapat mengubah hidup Anda.

Jika Anda membaca artikel ini di bulan Juni, kami sedang merinci artikel ini agar Anda memahami pemasaran digital secara lengkap, mudah dan sederhana.

Jika artikel ini diperbarui dengan lebih detail, saya akan memberi tahu Anda melalui media sosial. Ikuti aku:

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya

Sambil menunggu update lebih detail dari artikel ini, Anda bisa membaca apa saja yang dilakukan tim saya dalam digital marketing. Belajar dengan baik.

Contoh Portofolio Digital Marketing Dan Cara Membuatnya

Digital marketing atau pemasaran digital berkaitan dengan berbagai taktik pemasaran dan media digital untuk menjangkau calon pelanggan secara online menggunakan perangkat elektronik/internet.

Ada berbagai cara bagi calon pelanggan untuk melihat penawaran Anda, seperti website, blog, jejaring sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dll).

Menurut Danny Santoso, pakar pemasaran digital yang telah berkecimpung di industri pemasaran digital selama beberapa dekade, “pemasaran digital adalah strategi masif untuk membangkitkan minat dan permintaan.”

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche

Dalam dunia pemasaran digital, Anda dapat memikat calon pelanggan dengan penawaran Anda. Anda dapat membuat iklan, pemasaran email, brosur online, dan lainnya.

Contoh Brand Menggunakan Blog Untuk Bisnis

Pemasaran digital dapat digunakan untuk bisnis apa pun di industri apa pun. Terlepas dari apa yang dijual perusahaan Anda, pemasaran digital tetap harus responsif terhadap kebutuhan pelanggan (ikhtisar tentang penawaran pelanggan target Anda), dan membuat konten online yang menarik dan bermanfaat.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang digital marketing, Anda perlu memahami 2 tipe orang yang ada di dunia digital: digital dan prospectors.

Scroller adalah seseorang yang sedang bersantai menelusuri media sosial Facebook, Instagram atau Tiktok dan akhirnya menemukan iklan atau penawaran Anda.

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya

Seorang pencari adalah seseorang yang telah memikirkan sesuatu (pesan atau produk) dan memasukkannya ke dalam mesin pencari Google.

Strategi Dasar Digital Marketing Bagi Pemula

Memahami 2 jenis persona ini akan berdampak pada strategi pemasaran digital bisnis Anda, karena setiap bisnis memiliki pendekatan yang berbeda dalam menerapkan strategi pemasaran digitalnya. Sebagai contoh, berikut adalah penerapan digital marketing di berbagai industri:

Jika perusahaan Anda adalah sistem business-to-business (B2B), sistem pemasaran digital berfokus pada pengumpulan data pelanggan (generasi utama). Karena itulah Anda memerlukan strategi pemasaran yang menarik bagi tenaga penjualan (sales force) Anda untuk menghasilkan lead yang berkualitas.

Atau, strategi pemasaran digital B2B adalah tentang meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda, misalnya jika industri jasa memiliki akun Instagram. Tentu saja, Anda tidak dapat mengukur kesuksesan dengan jumlah pengikut.

Pasalnya, Instagram telah mengonfirmasi bahwa jumlah pengikut di layanan tersebut tidak sebanyak bisnis ritel. Tetapi beberapa pengikut adalah pengikut yang menjadi target pasar Anda

Inilah 7 Tren Dan Inovasi Digital Marketing Di Tahun 2020

Di luar situs web Anda, Anda dapat memfokuskan upaya Anda pada media yang berfokus pada bisnis seperti LinkedIn, di mana mayoritas demografis pelanggan Anda menghabiskan waktu online.

Selain itu, strategi B2B juga bisa menggunakan Google Advertising atau SEO karena sebagian besar orang yang membutuhkan jasa pencarian di Google.

Jika perusahaan Anda adalah bisnis-ke-bisnis (B2C), berdasarkan harga produk Anda, kemungkinan upaya pemasaran digital Anda akan menarik orang ke situs web atau pasar Anda dan belum tentu mengubahnya menjadi pelanggan. Pialang melalui penjualan. penjualan).

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya

Oleh karena itu, Anda mungkin tidak sepenuhnya peduli dengan pengumpulan data pelanggan (prospek), tetapi fokuslah pada pembuatan perjalanan pelanggan dari saat seseorang membuka situs web Anda hingga saat mereka melakukan pembelian. Ini berarti fitur produk Anda lebih penting daripada bisnis B2B Anda, dan Anda mungkin perlu menggunakan ajakan bertindak yang lebih kuat.

Baca Juga :  Perbedaan Pos dan Laman di Blogger

Contoh Konten Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Untuk perusahaan B2C, platform seperti Instagram dan Tiktok lebih efektif daripada platform lain. Juga, jika Anda menjual ponsel, perawatan kulit, dan ponsel, meskipun keduanya B2C, tentu pendekatan penjualannya akan berbeda karena tergantung pada perjalanan pelanggan Anda.

Tidak seperti kebanyakan pemasaran offline (Toko), pemasaran digital memungkinkan pemasar untuk melihat hasil yang akurat ketika mereka memasukkan data.

Jika Anda pernah beriklan di surat kabar, Anda tahu betapa sulitnya memprediksi berapa banyak orang yang akan membeli penawaran Anda dan mendapatkan perhatian. Tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah iklan tersebut berhasil membuka semua peluang penjualan.

Dengan pemasaran digital, Anda dapat mengukur ROI (laba atas investasi) di hampir setiap aspek upaya pemasaran Anda. ROI adalah ukuran yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas suatu investasi dibandingkan dengan biaya dan investasi awal.

Pelatihan Digital Marketing Umkm

Jika orang mengatakan pemasaran digital tidak mendapatkan hasil langsung, mereka mungkin tidak tahu caranya. Karena menurut pengalaman kami, menggunakan pemasaran digital dengan benar dapat menghasilkan manfaat langsung.

Dengan pemasaran digital, Anda dapat menggunakan perangkat lunak digital untuk melihat berapa banyak orang yang telah mengunjungi situs web Anda selama periode waktu tertentu. Anda dapat melihat berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, alat apa yang mereka gunakan, dan dari mana mereka berasal.

Pengetahuan ini akan membantu Anda memprioritaskan jenis media pemasaran mana yang paling memakan waktu dan lebih efektif, berdasarkan jumlah orang yang mengunjungi situs web Anda menggunakan media tersebut. Misalnya, jika hanya 10% pengunjung situs web Anda (keterlibatan) berasal dari penelusuran organik (gratis), Anda tahu bahwa perlu waktu luang di SEO untuk meningkatkan persentase itu.

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya

Dengan bisnis offline (dalam toko), sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang tertarik dengan merek Anda sebelum menghubungi penjual atau melakukan pembelian.

Community Marketing: Definisi, Jenis Dan Contohnya

Pemasaran digital memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren dan pola perilaku pelanggan Anda sebelum mereka mencapai tahap akhir dari perjalanan pembelian. Ini berarti bagaimana Anda dapat menarik mereka ke halaman Anda dan membeli penawaran Anda.

Pernahkah Anda memikirkannya ketika Anda membagikan selebaran Anda, Anda tidak pernah tahu berapa banyak orang yang akan membuka selebaran Anda atau berapa banyak orang yang tidak akan tertarik.

Baca Juga :  Download Template Blogger Seo Friendly Gratis

Sekarang bayangkan memiliki brosur ini di situs web Anda. Anda dapat mengukur dengan tepat berapa banyak orang yang telah melihat halaman tempat Anda mengunggah buku, dan mengumpulkan informasi kontak dari mereka yang telah mengunduhnya. Akibatnya, Anda tidak hanya dapat mengukur berapa banyak orang yang terlibat dengan konten Anda, tetapi juga mengumpulkan data tentang prospek berkualitas.

Bahkan, ini mempromosikan merek dan konten Anda di media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas, dan mengarahkan prospek ke bisnis Anda. Media yang dapat Anda gunakan untuk pemasaran media sosial:

Guide Mengenal Digital Marketing Untuk Pemula

Apakah Google Media Sosial? Tentu saja tidak. Namun Google bisa menjadi cara yang efektif untuk mencari calon pelanggan melalui digital marketing. Apalagi jika produk atau jasa yang Anda tawarkan lebih relevan dengan apa yang dicari orang di Google daripada di media sosial.

Jika Anda mengira Facebook sudah ketinggalan zaman, Anda salah. Facebook masih merupakan jejaring sosial yang bagus untuk teman-teman kita di wilayah ini. Pasalnya, Facebook tidak membutuhkan norma internet seperti Tiktok, Instagram, atau Youtube.

Selain itu, generasi tua juga memainkan Facebook karena lingkungan yang nyaman dan ramah.

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya

Instagram telah menjadi media sosial yang sangat populer karena orang lebih memilih visual daripada teks. Kepopuleran Instagram membuat banyak pemasar menggunakan Instagram untuk berjualan.

Perbedaan Digital Marketing Dan Digital Advertising

Masalah dengan sebagian besar penjual ini adalah bagaimana Anda bisa menjadi penjual yang berbeda dari mereka? Kami menyediakan beberapa artikel tentang Instagram yang dapat membantu Anda.

Tiktok adalah tren yang sangat baru di kalangan anak muda, juga Algoritma Tiktok, distribusi gratis jika banyak orang mengunjungi FYP atau halaman Anda.

Selain itu, konten Tiktok dapat dipadukan dengan lagu-lagu yang menarik untuk mengenalkan dan memikat orang. Konten ala Tiktok juga sering berhasil baik saat diposting di media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Whatsapp bukan media sosial tapi whatsapp

Manfaat, Tujuan Dan Media Digital Marketing Untuk Bisnis

Pengertian marketing mix dan contohnya, apa itu digital marketing, apa itu situs web dan contohnya, marketing mix 7p dan contohnya, apa itu copywriting dan contohnya, apa sih digital marketing itu, marketing mix dan contohnya, pengertian digital marketing dan contohnya, apa itu bisnis digital marketing, apa itu e commerce dan contohnya, direct marketing adalah dan contohnya, digital marketing dan contohnya

Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  Never miss a story from us, get weekly updates in your inbox.

© 2022 Copyright Karsa Nusantara

KarsaNusantara Theme by BungMais.com