Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

14 Cara Hidup Di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni

4 min read

Anda mengalami hal terburuk yang tidak terbayangkan: terdampar di sebuah pulau terpencil tanpa penghuni entah di mana dan menjadi korban keadaan. Apakah semua harapan telah sirna? Apakah sama sekali tidak ada harapan untuk diselamatkan? Jangan putus asa. Mungkin yang terjadi justru sebaliknya. Sebenarnya cukup mudah untuk bertahan hidup di pulau terpencil, Anda mungkin bisa hidup dengan nyaman atau mendapatkan pertolongan. Tentu saja Anda harus tahu apa yang harus dilakukan.

Mengahadapinya dengan Tenang

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Tetaplah tenang. Hal pertama dan paling penting yang harus Anda lakukan adalah bersikap tenang dan mencoba berpikir dengan kepala dingin. Kepanikan hanya akan membuat Anda lepas kendali dan akhirnya kehilangan kesempatan untuk bertahan hidup. Tidak ada gunanya membuat diri Anda gila. Novel Pincher Martin karya William Golding bisa menggambarkan dengan baik bagaimana Anda dibuat tidak berdaya dan tidak mampu melakukan apa pun, kecuali Anda “memegang kendali” seperti tokoh utama dalam cerita yang membiarkan rasa panik menguasai dirinya. Cobalah “berteman” dengan benda atau binatang di sekitar Anda, dan bicaralah dengannya untuk menenangkan diri. “Keamanan, air, tempat berlindung dan makanan” harus menjadi prioritas utama, dengan urutan seperti itu.

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Amati keadaan di sekeliling dan putuskan beberapa tindakan pencegahan. Mulailah dengan pertanyaan “apakah area di sekeliling Anda aman”. Lihatlah sekeliling Anda sekali lagi dan periksalah apakah ada hewan liar yang mengintai tidak jauh dari tempat Anda berada. Apakah ada risiko kebanjiran? Langkah penting pertama adalah memutuskan apakah tempat Anda berada benar-benar aman secara fisik.

Menetapkan Kebutuhan

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Carilah sumber air bersih dan segar. Hampir semua orang yang hilang di laut berhasil ditemukan dalam hitungan jam atau hari. Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa tubuh manusia bisa bertahan sampai 2 minggu tanpa makanan, tetapi hanya 3-4 hari tanpa air. Jika Anda tidak bisa menemukan sumber air tawar alami, mulai mencari cara untuk menampung air hujan.

Baca Juga :  11 Cara Berpakaian Di Paris

Sumber air apa saja tidak masalah! Selama ada sumber air, Anda bisa bertahan. Jika air tidak bisa langsung diminum, Anda selalu bisa mencari cara untuk memurnikan air atau melakukan desalinasi air laut.

Jika Anda menemukan sumber air tawar, cobalah merebusnya selama 2-3 menit. Langkah ini akan memurnikan air.

Jika Anda memiliki alat desalinasi, itu lebih baik lagi! Jika tidak, tak usah khawatir. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk melakukan desalinasi.

Salah satu metode yang bisa dicoba adalah distilasi atau penyulingan. Untuk menyuling air, buatlah solar still, atau alat yang bisa digunakan di atas api.

Solar still bisa dibuat dengan mengisi wadah besar dan datar dengan air laut atau bahkan urine, yang bisa dimanfaatkan kembali dalam keadaan mendesak. Taruhlah wadah yang lebih kecil di tengah-tengah dengan batu di dalamnya untuk menahannya agar tidak bergeser. Tutupi dengan selembar plastik tipis atau material yang sama dan taruhlah batu di tengah-tengah, tepat di atas cangkir. Jika diletakkan di bawah sinar matahari langsung, air akan menguap dan mengembun pada lembaran plastik. Air akan mengalir dari lembaran plastik dan menetes ke dalam wadah yang lebih kecil.

Untuk metode yang menggunakan api, buatlah uap dan padatkan uap menggunakan sepotong logam atau kaca besar yang diletakkan di dalam uap. Hal ini memungkinkan air yang mengembun mengalir ke wadah yang lain.

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Buatlah tempat berlindung. Anda membutuhkan tempat untuk berlindung dari cuaca dan juga binatang buas. Pilihan terbaik biasanya tempat berlindung alami seperti gua, atau Anda bisa membangunnya sendiri.

Langkah selanjutnya setelah menemukan tempat berlindung alami adalah membangun tempat berlindung yang bisa bertahan lama. Tempat berlindung berfungsi sebagai markas induk, tempat yang hangat dan teduh untuk tidur, menyimpan pasokan makanan dan barang lainnya, dan tempat persembunyian dari binatang buas pemangsa. Pastikan tempat berlindung berada di atas tanah agar Anda terhindar dari serangan serangga.

Baca Juga :  11 Cara Berpakaian Di Paris

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Carilah sumber makanan. Lautan dipenuhi kehidupan. Cobalah membangun dinding batu rendah berbentuk V pada saat air surut, dengan bagian runcing V mengarah ke laut. Pada saat pasang, ikan akan berenang ke dalam perangkap, dan terjebak saat air pasang mengalir keluar.

Ada banyak umbi dan buah yang bisa dimakan, tetapi berhati-hatilah! Beberapa jenis umbi dan buah berry beracun dan berakibat fatal jika dikonsumsi. Pastikan Anda memastikan umbi dan buah itu aman sebelum mengonsumsinya.

Ada banyak umbi-umbian dan buah-buahan yang bisa dimakan, tetapi berhati-hatilah! Beberapa jenis umbi dan buah berry beracun dan berakibat fatal jika dikonsumsi. Pastikan Anda memastikan umbi dan buah itu aman sebelum mengonsumsinya.

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Luangkan waktu untuk mengevaluasi sumber daya Anda. Apakah Anda berhasil menemukan sumber air tawar? Apakah Anda memiliki radio jarak jauh, telepon satelit, atau sarana komunikasi lainnya? Cobalah mencari penduduk yang mungkin menghuni pulau tersebut. Ingatlah bahwa orang lain bisa menjadi sumber daya terbesar.

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Buatlah api. Mungkin kelihatannya sepele, tetapi di pulau terpencil, api memiliki sejumlah manfaat. Setidaknya, api bisa menyulut semangat. Api juga bisa digunakan untuk memurnikan air, memasak, dan menjadi sumber penerangan bagi Anda dan bisa menjadi petunjuk bagi tim penyelamat untuk menemukan Anda begitu mereka melihatnya! Jika Anda tidak bisa membuat api, jangan khawatir. Lanjutkan dengan langkah berikutnya dan teruslah mencoba.

Halaulah binatang buas. Jika Anda bisa merasakan keberadaan binatang buas di sekitar Anda, nyalakan api pada malam hari agar binatang itu tidak datang mendekat. Jika Anda memiliki alat pemadam api, gunakan untuk menghalau hewan tersebut dalam keadaan darurat. Perangkap dan sinyal peringatan (seperti bunyi ranting patah) dapat digunakan untuk mencegah binatang memasuki zona perlindungan Anda atau memberi peringatan akan kehadirannya.

Baca Juga :  11 Cara Berpakaian Di Paris

Bekerja Sama

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Jika Anda terdampar bersama orang lain, bertindaklah sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan bersama. Setiap orang harus bekerja sama dan memastikan semua kebutuhan terpenuhi, dan sumber daya yang ada digunakan sebaik mungkin.

Kuburkan orang yang mati. Jika ada anggota kelompok yang meninggal, kuburlah dengan layak dan lakukan upacara pemakaman. Tindakan ini menandai babak terakhir kehidupannya dan memberikan penghormatan yang dibutuhkan sekaligus menyingkirkan sumber penyakit potensial.

Mendapatkan Pertolongan

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Susunlah batu atau benda lain yang cukup besar di area terbuka untuk memberi sinyal meminta bantuan. Dalam novel Pincher Martin karya William Golding, pria yang terdampar itu membuat patung dari bebatuan yang bisa dilihat oleh kapal yang lewat. Sinyal bahaya di pegunungan yang diakui secara resmi dikelompokkan menjadi 3 (atau 6 di Inggris). Sinyal bahaya terdiri dari 3 tembakan atau tumpukan batu yang disusun berbentuk segitiga, atau 3 tiupan peluit, atau 3 kilatan cahaya, masing-masing disorotkan secara berturut-turut, diikuti dengan jeda satu menit dan diulangi sampai mendapatkan respons. Tiga tembakan atau kilatan cahaya adalah respons yang benar. Jika Anda bisa terlihat jelas dari kapal, cobalah membuat tanda X merah besar.

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Cobalah melakukan kontak dengan kapal yang lewat. Buatlah sesuatu yang besar dengan bentuk yang tidak lazim, gunakan warna cerah atau sesuatu yang mengilap. Gunakan radio, kalau ada, untuk mengontak tim penyelamat yang mungkin berada di sekitar area tersebut. Buatlah sinyal dengan cermin, api, senter, atau apa saja yang bisa digunakan untuk menarik perhatian kepada Anda. Hal ini bisa dilakukan saat Anda menunggu.

Cara Hidup di Pulau Terpencil Tanpa Penghuni: 14 Langkah

Jangan menyerah. Keputusasaan bisa berakibat fatal. Anda membutuhkan tekad baja untuk bertahan hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu. Percaya atau tidak, tanpa keinginan untuk hidup, Anda tidak akan bertahan. Cobalah membayangkan kehidupan menyenangkan yang akan Anda nikmati suatu hari nanti. Jika Anda menyerah sekarang, semua akan berakhir.

Karsa Nusantara Karsanusantara.com adalah blog yang mengulas tentang Seputar Blogging, Wordpress, SEO, Bisnis Online, Teknologi, Traveling dan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  Never miss a story from us, get weekly updates in your inbox.

© 2022 Copyright Karsa Nusantara

KarsaNusantara Theme by BungMais.com